Ketua Kwarcab Tasikmalaya Tegaskan Pramuka Bukan Budak Warna

Rabu, 14 Agustus 2019 23:21 D. Farhan Kamil Daerah

Ketua Kwarcab Tasikmalaya Tegaskan Pramuka Bukan Budak Warna

 

 

Koropak.co.id - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, H. Ruhimat, M.Pd mengatakan momentum peringatan Hari Pramuka Nasional ke-58 tahun 2019, merupakan sebuah refleksi jika Gerakan Pramuka sejatinya tetap menjadi solusi tepat dalam kerangka mendidik dan membina kader bangsa, di tengah-tengah pendidikan kader bangsa saat ini, telah terkontaminasi warna warni politik.

"Warna warni politik telah merasuki dunia pendidikan kader bangsa. Maka Pramuka menjadi solusi tepat karena  tidak berpihak kepada warna apapun. Kader Pramuka adalah kader bangsa yang mengutamakan kebangsaan," kata Ruhimat kepada Koropak seusai upacara Hari Pramuka ke 58 tahun 2019 di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (14/8/2019).

Pramuka juga, kata Ruhimat, adalah solusi pengangguran. Di tengah-tengah ketatnya persaingan dibarengi penggunaan teknologi yang semakin canggih dan berkurangnya resiko pemakaian tenaga manusia. Maka lapangan kerja pun kian sempit.

 

 

Koropak.co.id - Ketua Kwarcab Tasikmalaya Tegaskan Pramuka Bukan Budak Warna 1 (2)

 

Baca : Di Hari Pramuka Nasional, Bupati Tasikmalaya Ingatkan Semangat Kebangsaan

 

"Pramuka menjadi solusinya. Pramuka mendidik orang menjadi mandiri dan beridiri di atas kakinya sendiri. Pramuka tidak mengajarkan bergantung kepada orang lain, tetapi pramuka juga mengedepankan gawe bareng dan bekerja sama," ucap Ruhimat seraya menyebutkan penekanan Pramuka di Kabupaten  saat ini adalah wiraswasta.

Ditambahkan Ruhimat, terkait isu lingkungan, dalam gerakan pramuka ada Saka (satuan karya) Kalpataru, yakni satuan karya yang fokus dalam hal lingkungan hidup, dan di Kabupaten Tasikmalaya ini sudah ada 11 Saka Kalpataru di berbagai tingkatan.

"Anggota pramuka dibina agar peduli terhadap lingkungan. Kalau sudah ada rasa peduli, nantinya lingkungan juga akan terjaga dengan sendirinya," ucapnya.*

 

Baca pula : Hari Pramuka Refleksi Spirit Tingkatkan Minat Milenial Tekuni Pramuka

 

 

 


Berita Terkait