Sering Dilintasi Truk Diatas Tonase, Jembatan Penghubung Cisinga Amblas

Rabu, 14 Agustus 2019 23:32 D. Farhan Kamil Daerah

Sering Dilintasi Truk Diatas Tonase, Jembatan Penghubung Cisinga Amblas

 

Koropak.co.id - Jembatan Cimampan penghubung Jalan Raya Ciawi-Singaparna (Cising) di Kampung Cimala Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu, mengalami retakan cukup lebar, akibat amblas yang terjadi sejak tiga bulan lalu.

Kejadian tersebut akibat tembok penahan tebing jembatan tergerus air sungai, pada saat musim hujan lalu yang mengakibatkan banjir bandang hingga ke wilayah Kota Tasikmalaya.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan lalu lintas truk-truk pengangkut pasir di atas tonase. Meskipun pihak PUPR Kabupaten Tasikmalaya, telah memasang papan peringatan agar kendaraan bertonase besar tidak melintas jalur tersebut.

Selain retak dan amblas, jalan di atas jembatan yang dibangun pada tahun 2008 ini, kondisinya bergelombang.

"Ini akibat tergerus air sungai. Bahkan sebelumnya dibangun tembok penahan tebing dibawah jembatan, tetapi itu juga jebol tergerus aliran sungai,' terang salah seorang warga setempat, Dudung, Rabu (14/8/2019).

 

 

Koropak.co.id - Sering Dilintasi Truk Diatas Tonase, Jembatan Penghubung Cisinga Amblas (2)

 

Baca : Jembatan Bermasalah di Jalan Cisinga Jangan Jadi Masalah

 

Ia berharap, pemerintah segera melakukan perbaikan karena jika terus dibiarkan, jembatan dikhawatirkan akan ambrol dan mengakibatkan adanya korban.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya, Asep Gunadi menyebutkan, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lebih serius terhadap jembatan, pihaknya telah membangun tembok penahan tebing (TPT).

Adapun untuk perbaikan jembatan tersebur terang dia, akan dilaksanakan pada anggaran 2020 nanti. "Apakah nantinya dibangun atau direnovasi, tergantung ketersediaan anggaran nanti," kata Asep.*

 

Baca : Tersangka Korupsi Jalan Cisinga Tasikmalaya Akhirnya Ditahan

 

 


Berita Terkait