APBD Terbatas Regulasi, Dewan Keluarkan Rekomendasi Untuk Walikota

Kamis, 15 Agustus 2019 15:48 Clara Aditia Parlemen

APBD Terbatas Regulasi, Dewan Keluarkan Rekomendasi Untuk Walikota

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Heri Ahmadi menuturkan dewan melalui Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, akan memberikan rekomendasi kepada Walikota Tasikmalaya untuk dapat mengalokasikan dana CSR untuk menuntaskan pembangunan Masjid Agung Mangkubumi yang mangkrak.

Hal itu disampaikan Heri kepada Koropak selepas kegiatan audiensi bersama masyarakat Mangkubumi yang digelar di Ruangan Banmus DPRD Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

"Memang jika melalui hibah bansos dalam APBD masih terbatas regulasi. Penerima harus berupa lembaga berbadan hukum, sedangkan penerima bantuan untuk pembangunan Masjid Agung Mangkubumi belum berupa lembaga, jadi belum bisa menerima bantuan dari APBD lagi," tutur Heri.

Oleh sebab itulah, kata Heri, mengapa alokasi bantuan APBD untuk pembangunan Masjid Agung Mangkubumi tidak terbatas. Sebagai alternatifnya, mengalokasikan dana CSR untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Agung Mangkubumi.

"Kita ketahui bahwa untuk pembangunan Masjid Agung Mangkubumi, panitia pembangunan telah menerima bantuan APBD di tahun anggaran 2017 sebesar Rp 100 juta. Tapi tidak mencukupi," katanya.

 

 

Koropak.co.id - APBD Terbatas Regulasi, Dewan Keluarkan Rekomendasi Untuk Walikota (2)

 

Baca : Pembangunan Masjid Mangkrak, Dewan Dorong Alokasi CSR

 

Di tahun 2018, kata Heri, panitia tidak bisa mengajukan lagi karena bantuan APBD tidak bisa dialokasikan secara berturut-turut. Di tahun 2019 kembali tidak mengajukan karena ada regulasi bahwa untuk menerima bantuan APBD, penerima harus berupa lembaga berbadan hukum.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ichwan Shafa. Menurutnya, jika bantuan dari APBD terbatas karena regulasi kelembagaan, maka dewan mendorong untuk mendapat bantuan dari alternatif lain, yakni melalui alokasi dana CSR oleh Pemkot Tasikmalaya.

"Kita akan dorong Pemkot Tasikmalaya melalui kebijakan yang dapat kami tempuh untuk dapat mengalokasikan dana CSR dalam mendorong penyelesaian pembangunan Masjid Agung Mangkubumi," katanya.*

 

Baca pula : Perputaran Uang Hingga Rp 1 Milyar Dewan Sebut PKL Pahlawan Ekonomi

 

 

 


Berita Terkait