Mantan Walikota Banjar Tegaskan Politik Dinasti Tidak Selamanya Negatif

Kamis, 15 Agustus 2019 21:50 Ahmad Mukhlis Daerah

Mantan Walikota Banjar Tegaskan Politik Dinasti Tidak Selamanya Negatif

 

 

Koropak.co.id - Masalah politik dinasti akhirnya direspons oleh Dr Herman Sutrisno, mantan Walikota Banjar dua periode yang dikritik sebagai pelaku politik dinasti. Di mata Herman, yang melakukan kritikan tidak tahu sejarahnya sehingga tidak mau diskusi tentang bagaimana kepemimpinan Banjar ke depan.

"Saya aslinya tidak mau komentar apapun soal adanya kritik politik dinasti. Tapi sekadar tabayun, bahwa politik dinasti tidak selamanya negatif selama demi kebaikan masyarakat. Politik itu seni memimpin tidak bisa instan dan dadakan agar masyarakat mengenal secara baik siapa yang layak jadi pemimpin," ujar Herman, saat berbincang bersama Koropak di Gedung DPD Partai Golkar Kota Banjar, Kamis (15/8/2019).

Menurut Herman, kepemimpinan di Kota Banjar harus menjadi agenda bersama bukan hanya perorangan. Karena selama ini tidak ada yang mempersiapkan diri, maka wajar dinasti yang paling siap akhirnya maju ditampuk kepemimpinan Banjar.

 

 

Koropak.co.id - Mantan Walikota Banjar Tegaskan Politik Dinasti Tidak Selamanya Negatif (2)

 

Baca : LSM Lakukan Perlawanan Laporkan Dinasti Politik Banjar ke KPK

 

"Semua elemen masyarakat harusnya bukan hanya mengkritik tapi mari duduk bersama menyiapkan kader pemimpin. Saya menunggu ada rembukan, tapi tidak ada yang datang," ujar Herman.

Kelangkaan kader calon pemimpin daerah, kata Herman, membuat beberapa partai melakukan seleksi internal. Ternyata pemimpin yang disodorkan Partai Golkar mendapatkan suara siginifikan dari masyarakat Banjar. Jadi politik dinasti yang didukung suara mayoritas masyarakat adalah konstitusional.

"Untuk itu, estafet kepemimpinan Kota Banjar ke depan sebaiknya dipersiapkan oleh semua elemen masyarakat. Kalau ini belum efektif, tugas partai politik menyiapkan kader calon pemimpin daerah," ujar Herman.*

 

Baca pula : Walikota Banjar Awasi Penggunaan Mobil Dinas