Wakil Walikota Imbau Tumbuhkan Pencak Silat di Sekolah

Kamis, 15 Agustus 2019 22:08 Erni Nur'aeni Daerah

Wakil Walikota Imbau Tumbuhkan Pencak Silat di Sekolah

 

 

Koropak.co.id - Kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 Tingkat Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di Lapang Kelurahan Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019) diawali dengan penampilan seni bela diri tradisonal Pencak Silat.

Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Muhammad Yusuf mengatakan penampilan Pencak Silat patut diapresiasi, mengingat Pencak Silat merupakan salah satu budaya Indonesia yang selama ini mulai tergerus dan hilang.

"Padahal Pencak Silat merupakan seni bela diri asli dari Indonesia. Sayangnya saat ini Pencak Silat hanya ditampilkan oleh beberapa paguron saja, padahal dulu menjadi sebuah kurikulum. Dulu saat saya masih duduk di bangku SD, setiap Selasa saya belajar Pencak Silat. Hanya karena tidak mempunyai lapangan, latihannya di Panyerutan di Paguron Pandawa," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Wakil Walikota Imbau Tumbuhkan Pencak Silat di Sekolah (2)

 

Baca : Saka Wira Kartika Tampilkan Debus di Hari Pramuka Nasional

 

Dikatakan Wakil Walikota, jika anak sudah memiliki dasar dengan berlatih Pencak Silat, mental mereka akan tumbuh semakin kuat.

Wakil Walikota mengimbau kepada Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya agar anak SD dapat menyukai Pencak Silat, dengan menjadikannya sebuah ekstrakurikuler di sekolah.

"Agar Pencak Silat dapat memasyarakat kembali, diharap Dinas Pendidikan dapat menjadikannya ekstrakulikuler atau bahkan masuk dalam kurikulum seperti dulu," ujarnya.*

 

Baca pula : Wakil Walikota Tasikmalaya Inginkan Masyarakat Sadar Gotong Royong

 

 

 

 


Berita Terkait