Kebakaran di Lahan Kosong Gebu Tasikmalaya, Warnai HUT Kemerdekaan RI

Sabtu, 17 Agustus 2019 14:23 D. Farhan Kamil Daerah

Kebakaran di Lahan Kosong Gebu Tasikmalaya, Warnai HUT Kemerdekaan RI

 

Koropak.co.id - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 di lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, diwarnai insiden kebakaran lahan kosong di komplek perkantoran Pemkab Tasikmalaya, Sabtu (17/8/2019) sekitar jam 10.00 WIB.

Kebakaran yang sempat menggegerkan ribuan warga yang baru saja mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan itu, diduga berawal dari api kecil di lahan padat tanaman kering akibat kemarau panjang kemudian menjalar ke semak belukar yang ada di sekitarnya. Sehingga api dengan cepat membesar dan melebar dengan kepulan asap membumbung tinggi ke udara.

Beruntung, sebelum api menyambar pohon-pohon yang berada dekat areal kantor Dinas Pertanian dan taman Pendopo baru, dua tim pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Tasikmalaya, diterjunkan hingga dalam hitungan waktu kurang dari satu jam, api dapat dipadamkan.

 

Koropak.co.id - Kebakaran di Lahan Kosong Gebu Tasikmalaya, Warnai HUT Kemerdekaan RI (2)


Baca : Salah Duga Kebakaran Gunung Guntur Bukan Pertanda Musim Hujan

"Alhamdulillah, sebelum kebakaran meluas, tim damkar berhasil memadamkan api dengan cepat. Api diduga sementara berasal dari pembakaran rumput kering oleh warga," kata Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya, H. Imam Gozali.

Ditambahkan, sejauh ini belum ada indikasi unsur kesengajaan yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk mengacaukan suasana kekhidmatan upacara HUT Kemerdekaan RI.

Dari insiden ini tambah dia, pihaknya akan melakukan pemantauan ke lahan-lahan yang dijejali tanaman liar/semak belukar yang kering akibat kemarau.*


Baca : Pangdam III/ Siliwangi Periksa Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai