Gegara Bakar Sampah, Warga Lengkongsari Tasikmalaya Panik Api Merembet

Minggu, 18 Agustus 2019 07:09 Erni Nur'aeni Daerah

Gegara Bakar Sampah, Warga Lengkongsari Tasikmalaya Panik Api Merembet


Koropak.co.id - Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -74 sebagian masyarakat Indonesia memeriahkannya dengan mengadakan perlombaan yang menarik. Namun naas dengan apa yang terjadi di Lengkong RT 04/RW 01 Kelurahan Lengkongsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Warga yang tengah berkerumun merayakan HUT RI, dikejutkan dengan kebakaran akibat dari rembetan api yang bersumber dari pembakaran sampah di bantaran Sungai Ciloseh.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya, Budi Permana mengatakan pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 13.20 WIB. Sepuluh menit berselang, 7 personel damkar dibantu 2 relawan tiba di lokasi.

"Api berhasil padam dalam waktu kurang dari 30 menit dengan menggunakan 2 armada damkar dibantu dengan beberapa warga yang ikut memadamkan api secara manual," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Gegara Bakar Sampah, Warga Lengkongsari Tasikmalaya Panik Api Merembet (2)

 

Baca : Masa Tanggap Darurat Kebakaran di Pasirwangi Garut Tuntas Hari Ini

Sementara itu Ketua RT 04/Rw 01 Dedy mengatakan kebakaran tersebut dipicu oleh gas yang terdapat pada timbunan sampah dengan kondisi sampah yang kering sehingga api dengan cepat merambat.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, namun api hampir menjalar ke pohon bambu yang berada di sekitarnya. Dengan kejadian ini, saya harapkan warga sadar untuk tidak membuang sampah ke Ciloseh dan membakarnya karena berisiko menimbulkan kebakaran," ucapnya.

Dikatakan Dedy, sampah yang dibuang ke Sungai Ciloseh tidak hanya berasal dari warga setempat, namun dari banyak warga yang sengaja membuang sampah di Ciloseh.

"Saya sudah berupaya dengan menyediakan gerobak sampah keliling sehingga sampah dapat diangkut ke tempat pembuangan sementara, meskipun armadanya kurang," ujarnya.*


Baca : Kebakaran di Lahan Kosong Gebu Tasikmalaya Warnai HUT Kemerdekaan RI