Hari Kemerdekaan, Tujuh Warga Binaan Lapas Ciamis Bebas

Minggu, 18 Agustus 2019 07:28 Ahmad Mukhlis Daerah

Hari Kemerdekaan, Tujuh Warga Binaan Lapas Ciamis Bebas

 

Koropak.co.id - Dalam rangka HUT RI ke-74 sebanyak 222 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis mendapat remisi HUT RI. Bahkan 7 di antaranya langsung bebas. Remisi diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya, di Lapas Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019).

Bupati Ciamis Herdiat mengatakan, para narapidana yang bebas di hari kemerdekaan ini bisa kembali ke tengah masyarakat dan diharapkan dapat menjadi pribadi lebih baik lagi.

”Jangan berhenti untuk memperbaiki diri, menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Saya harap masyarakat juga bisa menerima mereka kembali,” ujar Herdiat.

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Fajar Nur Cahyono menuturkan, total warga binaan penghuni lapas sebanyak 342 orang. Namun warga binaan yang mendapat remisi sebanyak 222 orang.

”Yang mendapat remisi adalah mereka yang telah memenuhi syarat sesuai peraturan. Salah satunya berkelakuan baik dan memenuhi syarat administrasi,” ujar Fajar.

 

Koropak.co.id - Hari Kemerdekaan, Tujuh Warga Binaan Lapas Ciamis Bebas (2)


Baca : Diduga Koruptor Akhirnya Dijebloskan Ke Penjara

Menurut Fajar, besaran remisi yang diberikan beragam. Ada yang mendapat remisi umum, besaran remisi 1 bulan sebanyak 59 orang, remisi 2 bulan sebanyak 40 orang, remisi 3 bulan sebanyak 50 orang, remisi 4 bulan 39 orang, remisi 5 bulan sebanyak 25 orang, dan remisi 6 bulan 2 orang.

“Kami berharap dengan remisi ini mereka bisa lebih baik, bisa kembali ke tengah masyarakat, terlebih selama di Lapas warga binaan sudah diberikan berbagai keterampilan,” ujar Fajar.

Salah seorang warga binaan yang mendapat remisi bebas, Hadi Wijaya (30) mengaku sangat bersyukur dan bahagia bisa kembali menghirup udara segar.

”Alhamdulillah senang sekali bisa keluar dari tahanan. Saya cuma 2 tahun, kasus pasal 340 karena ribut,” kata Hadi.*

 

Baca : Kades di Kabupaten Tasikmalaya Dijebloskan Ke Penjara


Berita Terkait