Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas

Senin, 19 Agustus 2019 21:27 Clara Aditia Desa

Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas


Koropak.co.id - Kelurahan Sumelap menjadi kelurahan terakhir di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya yang menerima pencairan dana program Gema Madani Simpati tahap 1 tahun 2019. Dana diserahkan secara simbolis dari Pemkot Tasikmalaya yang diwakili Koordinator Kota Program Gema Madani, Sholahudin kepada Ketua TPK Gema Madani Simpati Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari, Nasrudin Latif.

Penyerahan dana digelar di Aula Kantor Kelurahan Sumelap, Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Senin (19/8/2019). Dana senilai Rp 138 juta diterima Ketua TPK dan langsung diserahkan secara simbolis kepada Koordinator Bidang I-Pasling sebesar Rp 55.200.000, Koordinator Bidang I-Pasbud sebesar Rp 41.400.000, dan Koordinator Bidang I-Pakem sebesar Rp 36.400.000.

 

Koropak.co.id - Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas (2)

 

Ketua TPK Gema Madani Simpati Kelurahan Sumelap juga menerima kontribusi dana I-Pakem program Gema Madani Simpati tahap 1 tahun 2019 sebesar Rp 5 juta. Kepada Koropak, Nasrudin Latif menuturkan ada 3 kegiatan sesuai teknis dari Koordinator Kota, yakni I-Pasling, I-Pasbud, dan I-Pakem.

"Untuk I-Pasling kita ada 5 PPL dengan 7 titik kegiata, yakni TPT setinggi 65 meter, drainase 65 meter, dua kegiatan jalan rambat beton 150 meter, dan jembatan 1 unit," katanya.

Untuk I-Pasbud, kata Latif, ada 2 PPL lanjutan dari program tahun 2018, yakni pembinaan dan pengembangan sadar inflasi, serta pembinaan dan pengembangan bank sampah. Sementara untuk I-Pakem, terdapat pemberdayaan kelompok cluster dengan produk unggulan yakni manisan buah.

 

Koropak.co.id - Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas (3)

 

Baca : Gema Madani Dari Masyarakat Untuk Masyarakat

Sementara itu, Koordinator Kota Program Gema Madani, Sholahudin menuturkan dana yang sudah diserap melalui TPK diharap dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.

"Kami harap masyarakat dapat melaksanakannya dengan baik karena program Gema Madani digulirkan untuk masyarakat. Seluruh pelaksanaannya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai pemanfaatan harus dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, demi kepentingan masyarakat," katanya.

Sholahudin menambahkan dengan adanya program Gema Madani, partispasi masyarakat diharap bisa dibangkitkan, sehingga tujuan program Gema Madani yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

"Kami juga mengapresiasi perjuangan TPK dalam pengajuan proposal Gema Madani yang melalui proses yang sangat panjang. Pesan kami, laksanakan program ini sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tidak boleh keluar dari hal yang diusulkan dalam proposal," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas (4)

 

Baca : Ciptakan Masyarakat Madani Melalui Produk Unggulan

Asisten Koordinator Kota Bidang I-Pasling, Andri Priatna menuturkan dengan adanya program Gema Madani, partisipasi swadaya masyarakat turut meningkat. Ditargetkan, dari stimulan yang diberikan, swadaya masyarakat bisa mencapai 30 persen.

"Namun jika dikalkulasi, ternyata swadaya masyarakat lebih besar dari stimulan. Contoh dalam pembangunan jalan rambat beton di wilayah Kelurahan Sumelap. Stimulan pemerintah hanya Rp 11 jutaan, tapi swadaya masyarakat jika dirupiahkan melebihi dari stimulan tersebut. Misalnya dari tenaga, sumbangsih lahan, hingga konsumsi yang diberikan masyarakat," tuturnya.

Semangat program Gema Madani, kata Andri, memang dipacu untuk meningkatkan swadaya masyarakat. Diharap masyarakat dapat bahu membahu untuk mewujudkan apa yang telah direncanakan dalam proposal.

"Program Gema Madani hanya stimulan, selebihnya masyarakat yang memanfaatkan dan memelihara," kata Andri seraya menambahkan di tubuh Koordinator Kota, selain dirinya, adapula Asisten Koordinator lainnya, yakni Rasyidin Asisten Koordinator Bidang I-Pasbud, dan Dedi Kadriana Asisten Koordinator Bidang I-Pakem.*

 

Lihat : Gema Madani, Metode Pembangunan Model Partisipatif