Inilah Satu-Satunya Kelurahan Inisiator Bank Sampah di Kota Tasikmalaya

Senin, 19 Agustus 2019 23:22 Clara Aditia Desa

Inilah Satu-Satunya Kelurahan Inisiator Bank Sampah di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Camat Tamansari Kota Tasikmalaya, Ukim Sumantri mengapresiasi progran bank sampah yang dilaksanakan di Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Betapa tidak, Kelurahan Sumelap menjadi satu-satunya kelurahan inisiator yang menjalankan program tersebut.

Demikian disampaikan Ukim kepada Koropak selepas kegiatan Penyerahan Dana Program Gema Madani yang digelar di Aula Kantor Kelurahan Sumelap, Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Senin (19/8/2019).

"Pengelolaan bank sampah yang diinisiasi Kelurahan Sumelap diharap dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lain. Bagaimana masyarakat Sumelap membangun bank sampah yang dapat menampung sampah dari masyarakat, sehingga semula sampah tidak punya nilai ekonomis jadi punya nilai ekonomis," katanya.

 

Koropak.co.id - Inilah Satu-Satunya Kelurahan Inisiator Bank Sampah di Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Tamansari Angka Kemingkinan Tertinggi di Kota Tasikmalaya

 

Nantinya, kata Ukim, dana dari bank sampah tersebut bisa dimanfaatkan, apakah akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk tabungan atau dikelola oleh kelurahan dan dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan pembangunan di kelurahan tersebut.

Ukim juga bersyukur seluruh kelurahan di Tamansari Kota Tasikmalaya sudah menerima pencairan dana program Gema Madani, dan menjadi kecamatan paling cepat dalam proses pencairannya, sehingga pelaksanaan program di lapangan sudah bisa mulai dilaksanakan. Bahkan, ada beberapa kelurahan yang kegiatan pembangunan infrastrukturnya hampir selesai.

 

Baca : Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan se-Tamansari Tuntas

 

Sementara itu, Lurah Sumelap Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Jalil menuturkan dana Gema Madani sudah ditunggu-tunggu oleh warga Sumelap untuk dapat meneruskan program-program pemberdayaan masyarakat.

"Termasuk dalam program I-Pakem dengan produk unggulan manisan buah yang sudah berjalan selama ini. Saya mengimbau agar masyarakat bisa melaksanakan program Gema Madani sesuai petunjuk dan aturan," tutur Jalil.*

 

Lihat : Pembangunan di Tamansari Perlu Dioptimalkan