Dongkrak PAD Kota Tasikmalaya, Maksimalkan Pajak Restoran dan Parkir!

Selasa, 20 Agustus 2019 23:36 Clara Aditia Parlemen

Dongkrak PAD Kota Tasikmalaya, Maksimalkan Pajak Restoran dan Parkir!


Koropak.co.id - Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menilai penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam Perubahan APBD tahun anggaran 2019 menjadi sebuah poin yang harus didalami, ditelusuri, dan dirumuskan.

Hal itu disampaikan Andi kepada Koropak selepas Rapat Paripurna APBD Kota Tasikmalaya tahun anggaran 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (20/8/2019).

"Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019 yang disampaikan Walikota Tasikmalaya, merupakan sebuah koreksi dari proyeksi APBD yang dicanangkan di awal tahun anggaran. Soal penurunan PAD, kita akan lihat dari ayat pajak mana yang mengalami penurunan itu, dan kita akan crosscheck ke lapangan, apakah itu memang sudah sesuai fakta di lapangan," katanya.

 

Koropak.co.id - Dongkrak PAD Kota Tasikmalaya, Maksimalkan Pajak Restoran dan Parkir! (2)

 

Baca : Bahas Perubahan APBD 2019, Program Pemkot Tasikmalaya Harus Pro Rakyat!

 

Dari penurunan PAD tersebut, Andi berharap pemerintah daerah dapat lebih fokus menggali potensi-potensi pendapatan lainnya guna memacu pertumbuhan PAD Kota Tasikmalaya, termasuk menggali potensi PAD dari beberapa ayat pajak.

"Kami harapkan Pemkot Tasikmalaya dapat lebih mengoptimalkan pendapatan dari pajak restoran dan parkir dengan banyaknya diterapkan alat perekam data transaksi," katanya.

Soal usulan Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019, Andi menuturkan dewan akan menindaklanjutinya dengan mengkaji lebih intens di Badan Anggaran DPRD Kota Tasikmalaya.

"Catatan kami, penurunan PAD ini harus menjadi perhatian pemerintah untuk merumuskan upaya menggali potensi-potensi pendapatan lainnya," tutur Andi.*

 

Baca pula : PAD Turun, Dewan Tegaskan Optimalisasi Penerimaan Pajak


Berita Terkait