Spirit Hari Anak Nasional, Spirit Lindungi Anak Dari Diskriminasi

Rabu, 21 Agustus 2019 19:22 Ahmad Mukhlis Daerah

Spirit Hari Anak Nasional, Spirit Lindungi Anak Dari Diskriminasi

 

 

Koropak.co.id - Puncak peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2019 digelar di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21/8/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, unsur forum komunikasi pimpinan daerah, perwakilan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, Ketua GOW, serta 200 anak dari Forum Anak Kabupaten dan Kecamatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 bertema "Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak" dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong warga Indonesia menjadi orang pertama dan utama dalam memberikan perlindungan anak. Dengan demikian, akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

"Melalui peringatan Hari Anak Nasional diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama berpartisipasi aktif untuk meningkatan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan segala yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya,” ujar Dondon.

 

 

Koropak.co.id - Spirit Hari Anak Nasional, Spirit Lindungi Anak Dari Diskriminasi (2)

 

Baca : Jawa Barat Targetkan 2028 Jadi Provinsi Layak Anak

 

Dondon mengatakan, Kabupaten Ciamis di tahun 2019 ini kembali berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Nasional untuk yang ketiga kalinya.

“Semoga dengan penghargaan ini, di Kabupaten Ciamis hak dan kewajiban Anak dapat terpenuhi dengan segala kehidupannya," ujarnya.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli pada setiap tahunnya, harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kepedulian semua orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah untuk memberikan segala yang terbaik pada pemenuhan hak dan perlindungan anak.

"Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang akan menjadi pemimpin masa depan, oleh karena itu anak-anak harus menjadi fokus utama pembangunan," ujar Wabup Yana.

 

Baca : Kabupaten Layak Anak Untuk Kehidupan Lebih Berwarna

 

Wabup Yana juga sangat mengapresiasi prestasi Kabupaten Ciamis sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Nasional untuk yang ketiga kalinya, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi. Pada kesempatan tersebut, Wabup juga memberikan motivasi dan perhatian khusus kepada anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB Negeri Kabupaten Ciamis.

"Jangan berkecil hati, dengan segala keterbatasan, saya yakin anak-anaku bisa menjadi apa saja sesuai dengan apa yang dicita-citakan," ujar Yana.

Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupatem Ciamis ditutup dengan pengucapan Komitmen Anak Indonesia dan penyerahan bantuan dari Wakil Bupati dan Ibu Bupati kepada anak-anak berkebutuhan khusus berupa kursi roda dan uang kadedeuh.*

 

Baca pula : Kabupaten Garut Kembali Raih Predikat Kota Layak Anak 2019

 

 


Berita Terkait