Viral! Video Suara Teriakan Korban Tsunami Palu Hebohkan Netizen

Rabu, 21 Agustus 2019 19:47 Eris Kuswara Nasional

Viral! Video Suara Teriakan Korban Tsunami Palu Hebohkan Netizen

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, beredar sebuah video yang ramai diperbincangkan oleh netizen tanah air dikarenakan video tersebut memuat suara teriakan sejumlah orang yang merupakan suara dari korban bencana alam tsunami di Palu beberapa waktu lalu. Diketahui, video yang ramai dibahas itu diposting pada story WhatsApp seorang mahasiswa bernama Fachri (22).

Dikutip dari Detik, Rabu (21/8/2019), isi dari video itu menunjukkan sebuah pemandangan laut di Pantai Talise, Palu, yang disertai dengan suara teriakan sejumlah orang. Tidak membutuhkan waktu yang lama, video tersebut pun kini menjadi kontroversi, bahkan sejumlah pihak menuding bahwa Fachri sudah mengedit videonya dengan menambahkan audio.

Membantah tudingan itu, Fachri pun menggelar jumpa pers yang dilaksanakan di Sekretariat AJI Palu, Senin (19/8/2019). Dalam jumpa pers-nya, Fachri menceritakan kejadian yang sebenarnya saat dirinya tiba di Pantai Talise atau tepatnya di belakang Hotel G, pada Minggu (18/8/2019) pukul 17.30 WITA, dia datang ke pantai tersebut bersama temannya, Rusdini.

Sambil menunggu makanan dan minuman yang dipesan mereka berdua tiba, Fachri dan Rusdini pun membuat video story untuk Instagram dan WhatsApp. Namun saat itu, Rusdini orang yang pertama kali menyadari bahwa postingan WhatsApp story Fachri memuat suara-suara teriakan.

 

 

Koropak.co.id - Viral! Video Suara Teriakan Korban Tsunami Palu Hebohkan Netizen (2)

 

Baca : Fakta Di Balik Video Viral Pria Pingsan Dipukul Helm

 

"Tepatnya pada pukul 18.22 WITA, saya merekam langsung video berdurasi 8 detik pada story WhatsApp yang kala itu suasana yang ada pada seperti di pantai pada umumnya dengan suara angin dan ombak. Akan tetapi saya ditegur oleh Rusdini, bahwa story video WhatsApp saya turut memuat suara teriakan seperti saat terjadinya tsunami di Palu pada akhir 2018 lalu," kata Fachri.

Ditambahkan Fachri, pada mulanya video story tersebut dimuat untuk akun Instagram-nya dan suara yang keluar adalah suara angin dan ombak. Tetapi ketika dia membuat video story untuk WhatsApp, suara yang keluar pum berbeda yakni teriakan anak-anak dan orang-orang seperti berhamburan dikarenakan adanya bencana.

Dalam jumpa pers itu pula, Fachri dan Rusdini turut menegaskan bahwa video buatannya itu tidak diedit, terlebih lagi dengan tujuan untuk membuat masyarakat resah. Bahkan, keduanya juga turut memperlihatkan detail video yang tersimpan di galeri smartphone-nya dengan judul video "VID-20190818-WA0017", waktu 18/8/2019 pukul 6:22 PM, format video MP4 dan berdurasi 00:08 dengan resolusi 640x360 serta berukuran 1,06MB.

"Kami berdua juga merupakan korban bencana, kami tidak ada niat untuk menakut-nakuti warga terlebih lagu dengan mengedit dan men-viralkan video ini. Perlu diketahui ini merupakan video asli tanpa rekayasa, apabila memang ada sejumlah orang yang mengatakan hoax, ayo kita buktikan bersama-sama," kata Rusdini.*

 

Baca pula : Video Viral Banjir Menerjang Jemaah Haji Di Mina Hebohkan Netizen

 

 

 


Berita Terkait