Puncak Hari Krida Pertanian, Ruas Jalan di Kabupaten Garut Dibanjiri Mobil Hias

Rabu, 21 Agustus 2019 22:22 Dedi Sofwan Daerah

Puncak Hari Krida Pertanian, Ruas Jalan di Kabupaten Garut Dibanjiri Mobil Hias


Koropak.co.id - Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pertanian Kabupaten Garut menggelar puncak peringatan Hari Krida Pertanian tingkat Kabupaten Garut, yang dipusatkan di Gedung Pendopo Garut, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan diawali dengan karnaval mobil yang dihiasi berbagai macam hasil pertanian dari titik start di Jalan Pembangunan menuju Gedung Pendopo Kabupaten Garut. Para peserta karnaval terdiri dari seluruh SKPD dan para kelompok Tani dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Garut.

Bupati Garut H. Rudy Gunawan bersama forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Garut ikut dalam karnaval mobil hias dan menyapa seluruh masyarakat yang berduyun-duyun menyaksikan iring-iringan karnaval di sepanjang jalan yang dilalui peserta.

Sampai di Lapangan Alun-Alun Garut, Bupati bersama rombongan dijemput oleh kesenian Sunda Sisingaan dan menaiki sampai pelataran Gedung Pendopo Kabupaten Garut.

 

Koropak.co.id - Puncak Hari Krida Pertanian, Ruas Jalan di Kabupaten Garut Dibanjiri Mobil Hias (1)

 

Baca : Gunakan Pupuk Organik Poktan Giritani, Garut Raih Penghargaan Gubernur Jabar

Kemudian rombongan memasuki Gedung Pendopo untuk membuka langsung pameran Expo Pertanian dalam rangka Hari Krida Pertanian tingkat Kabupaten Garut ke-47 yang berlangsung selama 2 hari hingga Kamis (22/8/2019) besok.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beny Yoga Gunasantika menuturkan potensi Kabupaten Garut sangat besar. Sehingga di Hari Krida Pertanian, tak hanya menampilkan hasil pertanian, namun dari peternakan dan perikanan serta lingkup binaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut juga.

“Hari ini ditampilkan juga Teknologi Tepat Guna dari para petani. Semoga bisa menginisiasi petani muda, agar tertarik terhadap pertanian. Kegiatan expo sendiri diikuti oleh 42 kecamatan se-Kabupaten Garut termasuk SKPD, serta konvoy kendaraan hias ada 112 mobil,” tutur Beny.

 

Koropak.co.id - Puncak Hari Krida Pertanian, Ruas Jalan di Kabupaten Garut Dibanjiri Mobil Hias (3)

 

Baca : Wakil Gubernur Jawa Barat Dorong Lahirnya Petani Milenial

Ditambahkan Beny, masyarakat sangat antusias terhadap rangkaian puncak Hari Krida Pertanian. Tahun 2020 mendatang rencananya Dinas Pertanian akan berbagi kebahagiaan di hari Krida Pertanian, dengan semarak kegiatan yang dibagi tiga wilayah, yakni utara, tengah dan selatan.

“Kalau sekarang semua datang ke Garut, tapi yang menikmati acara, hanya warga sekitar kota saja, saya ingin tahun depan, tentunya dengan restu pak Bupati, kegiatan akan dibagi tiga wilayah,” ucap Beny.

Ditambahkan Beny, selain pameran pertanian dan mobil hias, ada juga penampilan “Ngagondang”, yakni kesenian tradisional menumbuk padi, yang diikuti seluruh kecamatan. Ini budaya kearifan lokal yang sengaja diangkat kembali, karena salah satunya hasil beras berkualitas adalah hasil Ngagondang.

“Ada juga lomba asah terampil dan bongkar pasang traktor, rajang tembakau,” ujarnya.*

 

Baca pula : Hari Krida Pertanian, Walikota Tasikmalaya Kampanye Gerakan Makan Ikan

 


Berita Terkait