Tahukah Kamu! Inilah Manfaat Kedisiplinan Dalam Dunia Pelayaran

Kamis, 22 Agustus 2019 19:19 Clara Aditia Nasional

Tahukah Kamu! Inilah Manfaat Kedisiplinan Dalam Dunia Pelayaran

 

 

"Dalam dunia pelayaran, 

risiko atas insiden kecelakaan sangat tinggi hingga mencapai 99 persen.

Disiplin adalah kunci menghindarinya".

- Sultan M.M.,M.Mar -

 

Koropak.co.id - Pentingnya kedisiplinan dalam dunia pelayaran, menjadi kunci menghindarkan para pelaut dari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk insiden kecelakaan, karena di laut, khususnya di atas kapal, tingkat risiko atas insiden mencapai 99 persen.

Dijumpai Koropak di Kampus Politeknik Pelayaran Banten, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (22/8/2019), Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni Politeknik Pelayaran Banten, Sultan, MM.,M.Mar menuturkan untuk menghindari risiko tersebut, kedisiplinan sangatlah dibutuhkan.

"Di kapal kan, para pelaut dikelilingi oleh partikel-partikel besi. Tingkat risiko insiden 99 persen. Dengan jatuh saja, bisa menyebabkan luka. Bahkan, jika lalai, pelaut berisiko jatuh ke laut. Oleh sebab itu, risikonya sangat tinggi jika pelaut tidak displin," katanya.

Menyoal kedisplinan, dikatakan Sultan Politeknik Pelayaran Banten memberikan pendidikan dengan mengutamakan kedisiplinan, melalui penerapan disiplin ilmu berupa terori di kampus selama 2 tahun, dan praktik berlayar 1 tahun. Usai praktik, taruna kembali dan bersiap untuk ujian akhir.

Tingginya tingkat kepercayaan orangtua untuk menyekolahkan anaknya di Politeknik Pelayaran Banten, diakui Sultan menjadi sebuah kebangaan bagi Politeknik Pelayaran, yang berdiri pada 27 Februari 2004 yang kala itu bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang.

"Alhamdulillah sejak berdiri, hingga sekarang belum pernah ada peristiwa yang tidak diinginkan terjadi di Politeknik Pelayaran Banten. Hal itu berkat komitmen kita mengutamakan pengawasan yang super ekstra terhadap para taruna," katanya.

Pengawasan super ekstra, kata Sultan, dilakukan siang malam. Di malam hari, ada petugas jaga malam dari marinir ditambah pegawai internal. Hal itu bertujuan untuk memagari para taruna agar senantiasa berada dalam pengawasan dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

Koropak.co.id - Tahukah Kamu! Inilah Manfaat Kedisiplinan Dalam Dunia Pelayaran (2)

 

Baca : Politeknik Pelayaran Banten Jamin Tidak Ada Praktik Perpeloncoan

 

Menyoal tantangan transformasi dari balai ke politeknik, diakui Sultan sangatlah besar. Menurutnya, jika saat menjadi balai, aturan mengacu ke Departemen Tenaga Kerja, saat menjadi politeknik aturan mengacu kepada dua lembaga, yakni Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

"Tantangannya, semua harus dipersiapkan dari nol. Termasuk SDM pengajarnya yang turut harus bertransformasi dari instruktur menjadi dosen. Tantangan lainnya menyiapkan program studi baru yakni Manajemen Transportasi Laut yang menggenapkan program studi di Politeknik Pelayaran Banten menjadi 3 program dengan program studi Nautika dan Teknika," katanya.

Meskipun tantangannya cukup berat, ucap Sultan, namun tidak dijadikan beban, melainkan menjadi motivasi bagi Politeknik Pelayaran Banten untuk berubah menjadi yang terbaik.*

 

Baca pula : Poltekpel Banten Bentuk Karakter Mandiri dan Disiplin