BNN Ciamis Gelar Rakor Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

Senin, 26 Agustus 2019 21:38 Ahmad Mukhlis Daerah

BNN Ciamis Gelar Rakor Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

 

Koropak.co.id - Bertempat di The Priangan Hotel Ciamis Jalan Yos Sudarso Nomor 92, Ciamis, Jawa Barat, Senin (26/8/2019) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Instansi Pemerintah.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Ciamis Deny Setiawan, S. Sos., M.M menjelaskan masalah penyalahgunaan narkoba dan peredarannya di wilayah Indonesia sudah merambah ke daerah-daerah, sehingga cukup mengkhawatirkan banyak kalangan. Untuk itu dituntut kepekaan dan keseriusan bersama dalam menanggulangi masalah narkoba tersebut.

"Rakor diharapkan dapat meningkatkan sinergitas kegiatan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba dengan instansi terkait serta meningkatkan kesadaran dan peran lingkungan instansi pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba," katanya.

  

Koropak.co.id - BNN Ciamis Gelar Rakor Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba (1)

 Kepala Bagian Pemerintahan Umum dan Desa Setda Kabupaten Ciamis, Hendra Suhendra, Sos., M.Si menyampaikan, rakor tersebut merupakan momentum penting dalam rangka menyampaikan informasi dan pemberdayaan komponen yang ada di Kabupaten Ciamis khususnya instansi terkait dalam upaya P4GN. Rakor juga menjasi salah satu upaya menyukseskan program Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kabupaten Ciamis.

"Rakor ini merupakan langkah konkret untuk memperkuat daya tangkal terhadap bahaya narkoba yang di mulai dari instansi terkait yang ada di Kabupaten Ciamis," ujar Hendra.

Hendra berharap ke depannya rakor akan tetap dilaksanakan secara berkelanjutan dalam melaksanakan program P4GN bagi para pegawai instansi pemerintah di Kabupaten Ciamis.

 

Koropak.co.id - BNN Ciamis Gelar Rakor Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba (3)

 

Baca : Gandeng Instansi, BNN Ciamis Tingkatkan Sinergitas

 

Kepala BNN Kabupaten Ciamis Engkos Kosidin, S. Sos., M. Si., mengapresiasi para undangan yang hadir dalam rakor tersebut, sehingga bisa urun rembug merumuskan upaya menangkal perderaran luas narkoba.

"Kita harus bisa memagari wilayah kita dari bahaya narkoba. Memang wilayah Kabupaten Ciamis tingkat kerawanan narkoba tidak setinggi daerah lain, tetapi kita perlu melakukan antisipasi dan meningkatkan daya tangkal sehingga begitu ada peredaran narkoba masyarakatnya sudah memiliki imunitas terhadap narkoba, sehingga peredaran gelap narkoba dapat diminimalisasi," katanya.

Pilar pencegahan, kata Engkos, yaitu bagaimana mencegah masyarakat yang belum pernah pakai jangan pakai atau tidak menyalahgunakan narkoba. Dan masyarakat yang pernah coba pakai jangan sampai menjadi pecandu dan bagi masyarakat yang sudah kecanduan jangan terus menjadi pecandu dan masyarakat yang sudah kecanduan akan menjadi sasaran pasar para pengedar.

 

Baca pula : Tekan Peredaran Narkoba, BNN Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Lintas Sektor