TNI Gelorakan Spirit Tangkal Radikalisme dan Separatisme

Selasa, 27 Agustus 2019 19:15 Dedi Sofwan Daerah

TNI Gelorakan Spirit Tangkal Radikalisme dan Separatisme


Koropak.co.id - TNI terus menggelorakan spirit untuk menangkal radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti halnya yang diaktualisasikan Kodim 0611/Garut di Gedung Graha Bakti Kodim 0611/Garut, Jalan Veteran Nomor 1 Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kodim 0611/Garut menggelar kegiatan bertajuk "Pembinaaan Cegah Radikalisme atau Separatisme" yang dibuka oleh Wakil Sementara Dandim 0611/Garut Letkol Inf. Teddy K. Turut hadir para Danramil jajaran Kodim 0611/Garut, perwakilan Kapolsek, Camat, Lurah atau Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar se-Kabupaten Garut.

Wakil Sementara Dandim 0611/Garut Letkol Inf. Teddy K menuturkan pembinaan teritorial TNI AD pada hakikatnya adalah kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

"Pembinaan teritorial juga menjadi upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui kegiatan bantuan untuk mengatasi kesulitan masyarakat dalam pelaksanaan pembinaan di lapangan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - TNI Gelorakan Spirit Tangkal Radikalisme dan Separatisme (2)

 

Baca : Investasi Asing yang Tidak Peka Dengan Pribumi Akan Menyulut Radikalisme

Pembinaan teritorial, kata Teddy, membutuhkan metode berupa komunikasi sosial guna menyampaikan pikiran dan pandangannya terkait dengan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, serta membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Kegiatan ini, kata Teddy, memiliki tujuan untuk mewujudkan pertahanan wilayah yang kuat dalam rangka menjaga kokohnya NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Ada beberapa materi yang kami sampaikan, yaitu Pembinaan Wawasan Kebangsaan, serta Pembinaan Wawasan Keagamaan dan Kewirausahaan. Kami berharap terwujud kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme atau separatisme bagi segenap komponen bangsa, serta terbentuknya komponen bangsa yang memiliki kepribadian dan jiwa kebhinekaan," katanya.

Juga, ucap Teddy, mendukung terwujudnya kerjasama antara TNI AD dengan segenap komponen bangsa dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan keagamaan serta kewirausahaan demi menjaga keutuhan NKRI.*

 

Baca pula : Hadirnya TNI Beri Rasa Aman dan Nyaman di Perbatasan RI-Papua