Kaum Milenial Harap Berperan Dalam Program ODF di Kota Tasikmalaya

Selasa, 27 Agustus 2019 21:14 Erni Nur'aeni Daerah

Kaum Milenial Harap Berperan Dalam Program ODF di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Pembimbingan masyarakat agar sadar Open Defecation Free (ODF) dapat terwujud dengan kerja keras dan kerja cerdas seluruh elemen, termasuk Satuan Tugas (Satgas), Lurah, tokoh masyarakat dan komponen lainnya.

Dalam bimbingan teknis ODF yang dilaksanakan di Kelurahan Panglayungan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Selasa (27/8/2019) Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Panglayungan Cucu S.IP mengatakan kegiatan bimbingan teknis tersebut mengarah pada peningkatan penyadaran terhadap masyarakat.

"Pembimbingan ini diharapkan menjadi langkah selanjutnya untuk menggerakkan masyarakat untuk hidup lebih bersih tanpa Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di sungai atau kolam yang merupakan sarang penyakit," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Kaum Milenial Harap Berperan Dalam Program ODF di Kota Tasikmalaya (1)

 

Baca : ODF di Kota Tasikmalaya Masih Rendah, Mindset Masyarakat Mesti Diubah

Cucu mengaku sangat mengapresiasi program tersebut. Terlebih dengan adanya lomba kebersihan lingkungan yang dinilainya merupakan langkah jitu guna memacu spirit masyarakat dalam mewujudkan ODF.

"Karena secara tidak sadar masyarakat akan mengubah perilaku hidupnya jika terus distimulasi. Oleh sebab itu kita giring masyarakat agar sadar ODF," ujarnya.

Di era milenial, ucap Cucu, peran kawula muda haruslah dilibatkan, meskipun antusias dalam partisipasi masih kurang, namun tetap optimis Kota Tasikmalaya menjadi Kota ODF dengan sanitasi aman seiring dengan adanya dukungan dari kaum milenial.

"Dalam hal ini, kami dari Puskesmas Panglayungan pun akan membantu segenap hati. Semua yang dikerjakan secara bergotong royong atau kerja bareng-bareng hasilnya akan optimal," katanya.*

 

Baca pula : Lomba Kebersihan Lingkungan Picu Masyarakat Sadar ODF

 


Berita Terkait