Kinerja Pemerintah Kota Banjar Masuki Level B

Kamis, 29 Agustus 2019 13:54 Ahmad Mukhlis Daerah

Kinerja Pemerintah Kota Banjar Masuki Level B

 

Koropak.co.id - Kinerja Pemerintah Kota Banjar selama dekade terakhir dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sudah memasuki level B. Artinya, sudah baik dan tidak ada masalah dalam kinerja pemerintahan.

Demikian disampaikan Kepala Inspektorat Daerah Kota Banjar, H. Ojat Sudrajat saat dijumpai Koropak di Kantor Inspektorat Kota Banjar, Jalan Brigjen M. Isya SH, Kota Banjar Jawa Barat, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, ukuran kinerja yang paling vital adalah pelaporan keuangan. Selama ini, dalam pelaporan keuangan yang diaudit BPK, hasilnya meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga sembilan kali.

"Kota Banjar paling bagus di Jawa Barat dengan diraihnya WTP berturut -turut hingga sembilan kali. Kota Banjar sendiri merupakan daerah pertama yang meraih WTP, jadi ini membuktikan kinerja birokrasinya sudah baik," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Kinerja Pemkot Banjar Masuki Level B (2)

 

Baca : Kota Banjar Raih Prestasi Kinerja Pemerintahan

Jika berbicara sistem pengawasan internal, ujar Ojat, Kota Banjar sudah level tiga dan terbaik di Jawa Barat. Secara prosedur, normatif kinerja Pemerintah Kota Banjar sudah baik dan tidak ada masalah.

"Tapi namanya juga lembaga, meski sudah maksimal meraih kinerja terbaik, pasti ada saja kekurangan. Tidak ada kinerja yang sempurna, tinggal selanjutnya menyempurnakan kekurangan-kekurangan tersebut," katanya.

Kota Banjar sudah seratus langkah di depan dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainnya yang ada di Jawa Barat. Pihaknya tidak membanding-bandingkan, akan tetapi raihan level baik ini bisa menjadi indikator keberhasilan kinerja birokrasi.

"Saat ini, pengawasan internal sudah bagus sehingga tidak perlu lagi ada pemeriksaan seperti zaman dulu. Kota Banjar sudah bisa memadukan raihan WTP dan kinerja birokrasi dengan hasil yang baik. Ini sebuah fakta bahwa kita sudah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. Kalau ada kekurangan sebaiknya diskusi dan mencari solusinya bersama-sama,"ucapnya.*

 

Baca pula : Walikota Banjar Genap Berusia 66 Tahun


Berita Terkait