Bupati Usulkan Pembuatan Replika Prasasti Geherhanjuang

Jum'at, 30 Agustus 2019 15:43 D. Farhan Kamil Daerah

Bupati Usulkan Pembuatan Replika Prasasti Geherhanjuang

 

Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mengatakan, sangat berkeinginan membuat replika prasasti Gegerhanjuang yang saat ini prasasti aslinya dirawat di museum nasional. Prasasti yang saat ini berada di lokasi, tidak persis atau paling tidak mendekati bentuk dan rupa sebagaimana prasasti aslinya.

"Saya melihat langsung bagaimana prasasti Gegerhanjuang aslinya, saat dibawa oleh museum keliling dari museum nasional ke Gedung Setda Kabupaten Tasikmalaya pada rangkaian acara Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalayapa pada Juli 2019 lalu. Maka saya ingin membuat replikanya untuk ditempatkan di Gegerhanjuang," tutur Ade seusai menghadiri acara napak tilas sejarah lahirnya Tasikmalaya di Prasasti Rumantak Gegerhanjuang, di Kampung Rawa Girang Desa Linggamulya Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (29/08/2019).

Hadir pada acara tersebut, para Kepala SKPD dan pegawai di Lingkungan Pemkab Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya, Kepala BJB Cabang Singaparna, para tokoh masyarakat dan alim ulama serta warga setempat.

 

Koropak.co.id - Bupati Usulkan Pembuatan Replika Prasasti Geherhanjuang (1)

 

Baca : Prasasti Bersejarah Gegerhanjuang Hadir di Tasik Motekar 2019

 

Bupati juga mengaku menangkap prospek luar biasa di Gegerhanjuang jika potensi yang ada termasuk cerita-cerita rakyat digali dan dikembangkan menjadi potensi wisata yang menarik hingga memenuhi rasa haus para pengunjung akan sejarah atau cerita-cerita sakral dibalik keberadaan prasati Gegerhanjuang.

"Saya meminta segenap stakeholder untuk bahu-membahu membangun dan merawat lokasi Prasasti Gegerhanjuang, untuk selanjutnya dijadikan potensi wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Kepada dinas terkait agar jalan akses menuju lokasi ini dibuat terang," ujarnya.

Mengakhiri acara napak tilas, Bupati menyerahkan penghargaan kepada empat orang tokoh sekaligus pengurus Prasasti Gegerhanjuang, dan memberikan 200 paket sembako kepada warga sekitar, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama untuk pembangunan mushola Gegerhanjuang.*

 

Baca : Batu Mahpar Galunggung, Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Siap Mendunia