Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya Dipastikan Melantik Anggota DPRD

Jum'at, 30 Agustus 2019 23:40 D. Farhan Kamil Parlemen

Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya Dipastikan Melantik Anggota DPRD

 

Koropak.co.id - Mendekati acara pelantikan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024, Sekretariat DPRD terus berbenah dan melakukan sejumlah persiapan administratif, sarana dan prasarana rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Termasuk di antaranya membangun komunikasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Tasikmalaya, untuk mendapat kepastian kesiapan Ketua PN Tasikmalaya membacakan surat keputusan Gubernur Jawa Barat dalam prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan 50 orang anggota baru DPRD.

"Alhamdulillah, hari ini kita sudah bertemu dengan yang terhormat Ketua PN Tasikmalaya, Winarno, SH., MH dan dapat dipastikan beliau akan hadir pada acara pelantikan nanti pada tanggal 2 September 2019 yang tinggal beberapa hari lagi," kata Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Iing Farid Khozin, M.Si, Kamis (29/8/2019).

Berkaitan dengan SK gubernur baik terkait pengangkatan anggota DPRD baru maupun SK tentang pemberhentian anggota DPRD masa bakti 2014-2019, Iing menyebutkan bahwa SK sudah ditandatangani Gubernur.

"Besok akan kita jemput ke kantor Gubernur," ujarnya.

 

Baca : Sebanyak 50 Anggota Legislatif Kabupaten Tasikmalaya Segera Dilantik

 

Seperti diberitakan sebelumnya, 2 September 2019 nanti, bakal menjadi hari bersejarah bagi 50 orang anggota baru DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024. Mereka yang dipilih rakyat melalui Pemilu Legislatif (Pileg) Juli 2019 lalu, akan dilantik dan diambil sumpah sebagai wakil rakyat terhormat menduduki kursi parlemen.

Penetapan tanggal 2 September untuk pelantikan anggota baru DPRD, sesuai dengan berakhirnya masa khidmah anggota DPRD lama, periode 2014 - 2019.

"Jadi dalam satu rapat paripurna yang akan dipimpin oleh Ketua DPRD nanti itu, ada dua agenda. Yang pertama adalah pemberhentian anggota DPRD yang lama dan pelantikan anggota DPRD yang baru," kata Iing, seusai memimpin rapat koordinasi (rakor) di ruang serbaguna DPRD.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) yang akan membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat terkait pengangkatan 50 anggota DPRD baru. Apabila Ketua PN berhalangan hadir maka digantikan oleh wakil ketua dan jika keduanya tidak dapat hadir, maka digantikan oleh hakim senior.*

 

Baca : Dewan Bentuk Lima Panitia Teknis Pelaksanaan Cawabup Tasikmalaya