Jelang Lengser, DPRD Ingatkan APBD Kabupaten Tasikmalaya Harus Pro Rakyat

Sabtu, 31 Agustus 2019 11:38 D. Farhan Kamil Parlemen

Jelang Lengser, DPRD Ingatkan APBD Kabupaten Tasikmalaya Harus Pro Rakyat


Koropak.co.id - Mengakhiri masa bakti sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Basuki Rahmat, M.Si yang juga anggota badan anggaran (Banggar) menegaskan, filosofi APBD adalah amanah yang diberikan oleh rakyat kepada pemerintah untuk dipergunakan sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.

"APBD adalah milik rakyat dan merupakan urat nadi pembangunan daerah yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyat," kata Basuki seusai menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya tentang Penetapan Raperda perubahan APBD tahun anggaran 2019 dan Raperda APBD tahun anggaran 2020, Jumat (30/8/2019) malam.

APBD terang dia, harus benar-benar pro rakyat dan mencerminkan keinginan serta kehendak rakyat demi kesejahteraan.

"Artinya, pelaksanaan APBD setiap tahunnya harus mampu membuka lapangan kerja, mengatasi atau mengurangi tingkat kemiskinan, mengurangi pengangguran, memberikan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi disparitas pembangunan," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Jelang Lengser, DPRD Ingatkan APBD Kabupaten Tasikmalaya Harus Pro Rakyat (2)

 

Baca : Banggar Belum Melakukan Finalisasi Pembahasan KUA PPAS ?

Basuki juga meminta kepada Bupati untuk segera membereskan internal pemerintah atau birokrasi terutama soal kelemahan eksekutif yang harus ditangani serius.

"Banggar menangkap adanya kekurang kompakan jajaran TAPD dan SKPD dalam mempersiapkan dan membahas Rancangan APBD mulai dari perencanaan dan pembahasan di tingkat SKPD, penyampaian dan pembahasan KUA-PPAS hingga pembahasan RAPBD," ujarnya.

Di samping itu lanjut dia, keinginan pemerintah daerah dalam hal peningkataan PAD, tidak dibarengi dengan langkah tepat dari sisi dukungan investasi/pendanaan.

"Hari ini pemerintah terkesan sangat berat untuk menggelontorkan anggaran. Padahal sejatinya menerapkan pola tebar tuai. Artinya siap menggelontorkan anggaran maksimal demi pencapaian PAD yang optimal seperti dalam hal pembenahan PBB, BPHTB, deviden BUMD, pariwisata dan lain sebagainya," kata Basuki sembari mengatakan, kahayang kudu sareundeuk saigel jeung lengkah anu nyata.*


Baca : Sebanyak 50 Anggota Legislatif Kabupaten Tasikmalaya Segera Dilantik