Dewan Sampaikan Laporan Raperda Penyelenggaraan Kesehatan

Senin, 02 September 2019 22:39 Eris Kuswara Parlemen

Dewan Sampaikan Laporan Raperda Penyelenggaraan Kesehatan

 

Koropak.co.id - Raperda Penyelenggaraan Kesehatan di Daerah Kota Tasikmalaya merupakan regulasi yang menginduk pada sistem kesehatan nasional yang diatur melalui keputusan Menteri Kesehatan, yang kini sudah menjadi keputusan Presiden Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pansus pembahas Raperda Penyelenggaraan Kesehatan sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, dr Wahyu Sumawidjaja kepada selepas menghadiri Rapat Paripurna di penghujung masa jabatan 2014-2019 yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya, Senin (2/9/2019).

"Dahulu, sistem kesehatan nasional diatur melalui Keputusan Menkes, tetapi kini sudah diatur oleh Presiden. Sistem kesehatan nasional juga merupakan suatu tatanan atau sub-sistem yang terdiri dari berbagai sistem yang harus dilaksanakan di semua daerah. Maka di Kota Tasikmalaya disusunlah Perda Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan," kata Wahyu.

 

Koropak.co.id - Dewan Sampaikan Laporan Raperda Penyelenggaraan Kesehatan (2)

 

Baca : Dewan Laporkan Hasil Pembahasan Rancangan KUA-PPAS APBD 2020


Ditambahkan Wahyu, sistem kesehatan nasional ini juga harus diaplikasikan pada setiap daerah dengan Perda seperti halnya Perda Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Kota Tasikmalaya yang lebih aplikatif dan representatif.

"Semoga tujuan dari Perda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Kota Tasikmalaya bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. Dikarenakan Raperda ini sudah merangkum semua sub-sistem yang ada dalam sistem kesehatan nasional yang termaktub dalam Keputusan Presiden pada tahun 2018 lalu," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Beri Masukan Pemkot Tasikmalaya Untuk Rancangan Perda APBD 2020