Propemperda 2020, Dewan Usulkan 31 Judul Raperda Untuk Dibahas di 2020

Selasa, 03 September 2019 11:59 Clara Aditia Parlemen

Propemperda 2020, Dewan Usulkan 31 Judul Raperda Untuk Dibahas di 2020

 

Koropak.co.id - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kota Tasikmalaya, Dodo Rosada, SH., MH menuturkan disusunnya Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) merupakan upaya untuk mewujudkan Perda yang terkoordinasi, terarah, dan terpadu yang disusun bersama oleh DPRD dan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan Dodo kepada Koropak selepas Rapat Paripurna dengan agenda Persetujuan 5 Raperda, Penetapan Program Pembentukan Perda, dan Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (2/9/2019).

"Tujuan lainnya, mewujudkan Perda yang disusun berdasarkan skala prioritas sesuai perkembangan kebutuhan hukum masyarakat, juga menjaga sinkronisasi dan harmonisasi secara vertikal dan horizontal dengan peraturan perundang-undangan," ucapnya.

 

Baca : Dewan Beri Masukan Pemkot Tasikmalaya Untuk Rancangan Perda APBD 2020

 

Dikatakan Dodo, tujuan lainnya dari dibentuknya Propemperda adalah menjaga integritas produk perundang-undangan daerah agar tetap berada dalam kesatuan sistem hukum nasional.

"Dalam Propemperda, kami menyiapkan 31 Raperda yang akan dibahas di tahun 2020. Sebanyak 16 Raperda usulan Pemkot Tasikmalaya dan 15 Raperda inisiatif DPRD Kota Tasikmalaya. Kami telah menyusunnya berdasarkan skala prioritas sesuai kebutuhan produk hukum di tengah masyarakat," kata Dodo.

Untuk Raperda usulan Pemkot Tasikmalaya, tutur Dodo, lima di antaranya meliputi Raperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, Tata Cara Pembangunan Daerah, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Perubahan RPJMD Kota Tasikmalaya tahun 2017-2022, serta Penataan dan Pemberdayaan PKL di Kota Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Propemperda 2020, Dewan Usulkan 31 Judul Raperda Untuk Dibahas di 2020 (2)

 

Baca : Dewan Tuntaskan Pembahasan Raperda Di Akhir Masa Jabatan

 

Sedangkan untuk Raperda inisiatif DPRD Kita Tasikmalaya, lima di antaranya meliputi Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren, Penanggulangan Kemiskinan, Penyelenggaraan Keolahragaan, Pengelolaan Air Limbah, dan Perubahan atas Perda Kota Tasikmalaya Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pencegahan dan Penanganan HIV/AIDS.

"Itu semua merupakan Propemperda yang kami usulkan, agar dapat bahas di tahun 2020. Adapun pembahasannya kami susun berdasarkan skala prioritas," ujarnya.

Ditambahkan Dodo, banyak Raperda menarik yang disusun dalam Propemperda 2020, termasuk Raperda inisatif DPRD Kota Tasikmalaya tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah, serta Keterbukaan Informasi Publik.

"Raperda Keterbukaan Informasi Publik menjadi sarana upaya mewujudkan pemerintahan daerah yang transparan dan akuntabel demi meningkatkan kredibilitas pemerintah, khususnya dalam segi pelayanan publik. Kami berharap semua dapat berjalan sesuai rencana, yang terarah, terukur, dan terstruktur," ucap Dodo.*

 

Lihat : Dewan Soroti Masalah Kesehatan di LKPJ Walikota Tasikmalaya

 


Berita Terkait