Gubernur Jawa Barat Tekankan 3 Fokus Kinerja Dewan Selanjutnya

Selasa, 03 September 2019 19:03 Clara Aditia Parlemen

Gubernur Jawa Barat Tekankan 3 Fokus Kinerja Dewan Selanjutnya


Koropak.co.id - Dalam Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Tasikmalaya periode 2019-2024 yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (3/9/2019), Gubernur Jawa Barat, H.M. Ridwan Kamil menyampaikan sambutan yang dibacakan Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman.

Dalam sambutannya, Gubernur menuturkan pelantikan anggota DPRD Kota Tasikmalaya berlandaskan pada Amanat UU 23 tahun 2014 Pasal 156 tentang Pemerintahan Daerah bahwa anggota DPRD Kabupaten atau Kota, sebelum melaksanakan tugas jabatan harus mengucapkan sumpah janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri.

"Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota DPRD masa jabatan 2019-2024. Selamat mengemban amanah secara jujur adil dan penuh integritas. Semoga Allah senantiasa melindungi kita saat melaksanakan tugas," kata Gubernur sebagaimana dibacakan Walikota Tasikmalaya.

Dibacakan Walikota, Gubernur menyampaikan terimakasih kepada anggota DPRD Kota Tasikmalaya periode 2014-2019 yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk pembangunan Kota Tasikmalaya.

"Pemilu serentak telah dilalui bersama, dengan tahapan yang begitu rumit. Pemilu serentak ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Indonesia. Banyak catatan positif dan negatif yang mendorong diperlukannya penyempurnaan lebih lanjut untuk pelaksanaan pemilu. Namun, keseluruhan proses pemilu sudah dilalui dengan baik hingga kini sampai di tahap pelantikan anggota DPRD," tutur Walikota.

 

Koropak.co.id - Gubernur Jawa Barat Tekankan 3 Fokus Kinerja Dewan Selanjutnya (2)

 

Baca : Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya Harapkan Dewan Bisa Cepat Adaptasi

Semoga, kata Walikota, catatan tersebut jadi bahan evalusasi untuk membangun demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik di masa datang. Diharapkan pula anggota DPRD Kota Tasikmalaya periode 2019-2024 bisa memaknai proses pemilihan sebagai proses sakral, proses rakyat mempercayakan suaranya, yang tidak hanya untuk diwakili tapi diperjuangkan aspirasinya.

"Ini merupakan tugas mulia. Sejak saat ini, anggota DPRD Kota Tasikmalaya periode 2019-2024 mengemban tanggungjawab besar, dan suatu saat akan dimintai pertanggungjawaban atas semua yang diamanatkan. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan pola pikir, pola kerja, dan pengambilan keputusan dengan mengedepankan kepentingan rakyat sejalan peraturan perundangan dan azas keadilan. Oleh sebab itu, anggota dewan menjadi harapan dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, penegakan supremasi hukum, serta mewujudkan pemerintah yang bersih," tutur Walikota.

Walikota menuturkan, Gubernur berpesan bahwa ada 3 hal yang harus jadi fokus anggota dewan, yakni melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislasi dengan memaksimalkan waktu untuk berdialog melalui jaring aspirasi maupun reses. Anggota dewan bisa memaksimalkan kemajuan informasi dan teknologi, baik melalui media sosial maupun media massa.

"Dewan juga mesti memaksimalkan fungsi budgeting sebesar mungkin untuk kepentingan rakyat. Kini bukan masanya lagi penyusunan APBD dilakukan secara tertutup. Saya percaya 45 anggota DPRD Kota Tasikmalaya yang saat ini dilantik merupakan orang terpilih yang mempunyai integritas sesuai sumpah jabatan," katanya.

Di sisi pengawasan, ucap Walikota, Gubernur mengajak anggota dewan untuk dapat melaksanakan pengawasan secara efektif dan obyektif dengan niat tulus sepenuh hati demi berlangsungnya proses kontrol seimbang tugas eksekutif.*

 

Baca : Walikota Ajak Dewan Untuk Bersama Capai Visi Kota Tasikmalaya

 

 


Berita Terkait