Pelantikan Anggota Dewan 2019-2024 Sempat Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

Selasa, 03 September 2019 19:56 Eris Kuswara Parlemen

Pelantikan Anggota Dewan 2019-2024 Sempat Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

 

Koropak.co.id - Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Terpilih Masa Jabatan 2019-2024 yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (3/9/2019) sempat diwarnai aksi demonstrasi dari dua organisasi mahasiswa, yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Tasikmalaya dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Dalam orasinya, HMI Cabang Kota Tasikmalaya mengatakan Kota Tasikmalaya mengalami revolusi kemunduran, Walikota Tasikmalaya telah mencederai Perda Tata Nilai serta adanya kelengahan pengawasan dari anggota dewan, sehingga kesepakatan dan perilaku yang semestinya tidak boleh dilakukan oleh pejabat tetap bisa dilakukan.

 

 Koropak.co.id - Pelantikan Anggota Dewan 2019-2024 Sempat Diwarnai Aksi Unjuk Rasa (3)

 


Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Tasikmalaya, Yoga Ahmad Fauzi mengatakan HMI Cabang Kota Tasikmalaya melihat realita Kota Tasikmalaya mengalami revolusi kemunduran mulai dari segi pembangunan infrastruktur dan suprastruktur

"Banyak perjanjian yang disepakati oleh legislatif, yudikatif dan eksekutif dengan kesepakatan-kesepakatan haram. Salah satu contohnya adalah eksploitasi Mangin dengan galian-galian ilegalnya dan seolah-olah unsur pemerintah menutup mata," kata Yoga.

Ditambahkan Yoga, terdapat beberapa agenda kegiatan pembangunan yang kini tengah diperiksa dan ternyata terindikasi bermasalah di BPK dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan Dinas PUPR yang cenderung dipolitisasi oleh pemilik kekuasaan.

"Kami sangat prihatin dan khawatir terhadap Kota Tasikmalaya yang harus memiliki pembangunan tata kota yang sesuai dengan apa yang telah dijanjikan oleh Walikota Tasikmalaya. Namun Walikota mengkhianatinya dan secara moralitas telah mencederai Perda Tata Nilai," ucapnya.

 

  Koropak.co.id - Pelantikan Anggota Dewan 2019-2024 Sempat Diwarnai Aksi Unjuk Rasa (4)

 

Baca : Kapolres Tasikmalaya Kota Harapkan Dewan Perjuangkan Aspirasi 

 

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Sementara Periode 2019-2024, Aslim SH menemui pengunjuk rasa. Bahkan, Aslim naik ke mobil orasi untuk mendengarkan aspirasi yang dilantangkan mahasiswa secara langsung.

"Terimakasih atas aspirasi yang disampaikan. Ini menjadi masukan bagi kami di awal periode 2019-2024 untuk melaksanakan kinerja sebagai dewan dengan lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Sementara Periode 2019-2024, H Agus Wahyudin menuturkan aksi yang dilakukan oleh himpunan mahasiswa baik dan tidak ada masalah sama sekali.

"Beberapa perda yang mereka tuntut juga sudah masuk ke Prolegda tahun 2020 meliputi Perda mengenai disabilitas, serta Perda pengaturan pekerjaan. Bahkan ekonomi inklusif itu juga merupakan bagian dari gerakan kami di dewan yang sering disosialiasikan oleh anggota dewan di dapilnya masing-masing," tutur Agus.*

 

Baca pula : Kini, Pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya Berada di Pangkuan Gerindra

 

 


Berita Terkait