Tak Satupun Pejabat Yang Memenuhi Kriteria Menjadi Kadinkes

Rabu, 04 September 2019 09:21 D. Farhan Kamil Daerah

Tak Satupun Pejabat Yang Memenuhi Kriteria Menjadi Kadinkes

 

Koropak.co.id - Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manudia (BKDPSDM) Kabupaten Tasikmalaya Dr. H. Moch Zen membantah jika dalam pengisian jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang selama ini diisi Plt Kadis, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menunda-menunda dan lambat.

"Tidak benar jika ada pihak yang beranggapan seperti itu. Justru pemerintah sedang berusaha mencari kandidat yang ideal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bupati tidak mau gegabah apalagi aturannya semakin ketat," kata Zen seusai pelantikan 21 pejabat eselon II b di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, Selasa (3/9/2019).

Pemerintah terang Zen, melalui tahapan assessment yang dilakukan beberapa bulan lalu berupaya menemukan sosok pejabat yang linear dengan tupoksi sebagai seorang kepala dinas kesehatan.


Baca : Jabatan Penting Banyak Yang Kosong Pejabat Diuji Kompetensi

Kenyataannya, dari sekian banyak pejabat esselon II b yang mengikuti assessment kemarin, tidak satupun yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menempati jabatan kadinkes yang memiliki kekhususan termasuk untuk Kadishub.

"Maka satu-satunya jalan untuk mengisi jabatan Kadinkes adalah open bidding. Kita akan segera mengajukan usulan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bahwa Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menggelar open bidding. Kita harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari KASN," ujarnya.

Dijelaskan, open bidding yang akan diusulkan ke KASN itu tidak sebatas untuk mengisi Kadinkes, tetapi juga ada lima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang juga harus diisi termasuk untuk jabatan Sekda.

"Open bidding akan kita buka secara terbuka dan lingkup nasional," tutur Zen.*


Baca : Bupati Tasikmalaya Rombak Posisi Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama