Baznas Nobatkan Bupati Ade Sebagai Tokoh Kebangkitan Zakat

Rabu, 04 September 2019 16:17 D. Farhan Kamil Daerah

Baznas Nobatkan Bupati Ade Sebagai Tokoh Kebangkitan Zakat

 

Koropak.co.id - Meski tanpa kehadiran Bupati Tasikmalaya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya, menobatkan H. Ade Sugianto sebagai tokoh kebangkitan zakat di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, Rabu (4/9/2019).

Bagaimana tidak, Bupati dinilai Baznas telah berjasa besar dengan memanfaatkan kekuasaannya melahirkan sebuah kebijakan prinsipil dimana seluruh ASN di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, menyetorkan zakat profesinya melalui Baznas.

Tidak sampai disitu, Bupati juga telah menggerakkan kekuatan dan hasrat memberi dari para ASN untuk menyisihkan uang sebesar Rp 2.000 dengan istilah gerakan dua ribu dan dikumpulkan setiap hari Jumat melalui unit pelayanan zakat masing-masing SKPD kemudian disetorkan ke Baznas.

"Ini pujian tidak bermaksud menjilat kepada penguasa Pemkab Tasikmalaya, tetapi lebih kepada bentuk tahaduts bin nikmat, rasa syukur kita kepada Allah SWT. Wajar pula jika hari ini, kita nobatkan Bupati Tasikmalaya sebagai tokoh Kebangkitan zakat," tutur Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya, Drs. KH Acep Thohir Fuad, pada acara gebyar Baznas di Gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Baznas Nobatkan Bupati Ade Sebagai Tokoh Kebangkitan Zakat (2)

 

Dampaknya dari kebijakan tersebut tambah KH. Acep, Baznas mengalami peningkatan pendapatan zakat, infaq maupun sodaqoh dari sektor ASN.

"Zakat, Infaq Shadaqoh dari profesi ASN periode Januari sampai dengan September ini terhimpun sebesar Rp. 2,2 milyar. Ini salah satu wujud kebijakan bupati melalui Perbup nomor 41 tahun 2018 dan instruksi kepada pimpinan SKPD serta kepada pihak BJB untuk memotong zakat dari ASN yang telah nishab dengan cara payroll system," ucapnya.

Lebih lanjut KH. Thohir menyebutkan, pencapaian kemajuan yang dialami Baznas saat ini merupakan tindak lanjut dari upaya dan gairah pihak Kemenag Kabupaten Tasikmalaya yang lebih awal melakukan gebyar zakat di lingkungannya.

"Kemenag adalah pelopor. Maka hari ini pula kita nobatkan Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya sebagai Pelopor Kebangkitan Zakat.

 

Koropak.co.id - Baznas Nobatkan Bupati Ade Sebagai Tokoh Kebangkitan Zakat


Dari pantauan di lokasi, hadir pada Kegiatan Gebyar Baznas 2019 Kabupaten Tasikmalaya itu, antara lain Bupati Tasikmalaya diwakili Asda Bidang Perekonomian, Kepala Kemenag, Ketua PD DMI, Ketua MUI, dan Ketua PC NU Kabupaten Tasikmalaya serta para pejabat yang mewakili sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Tasikmalaya.

Hadir pula Pimpinan Bjb Cabang Singaparna, Pimpinan BRI Cabang Singaparna dan Pimpinan Bjb Syariah
serta 33 Ketua UPZ SKPD, 39 Ketua UPZ Kantor Kecamatan, 28 UPZ Madrasah, 39 UPZ MB, 7 Kepala KUA Wilayah Singaprna, 66 Ketua UPZ Desa/ Koordinator ZIS Desa dan 150 Orang Penerima bantuan Sarana keagamaan, jegiatan keagamaan, bantuan Kelompok Usaha Bersama Berbasis Masjid, bantuan biaya pendampingan kesehatan.*

 


Berita Terkait