Tiga Fungsi Utama Dewan Diharap Lebih Dioptimalkan di 2019-2024

Kamis, 05 September 2019 12:10 Dede Hadiyana Parlemen

Tiga Fungsi Utama Dewan Diharap Lebih Dioptimalkan di 2019-2024

 

Koropak.co.id - Selepas Rapat Paripurna Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Tasikmalaya periode 2019-2024 yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (3/9/2019), selaku pengamat politik dan juga aktivis Kota Tasikmalaya, Nanang Nurjamil memiliki sejumlah harapan bagi 45 anggota DPRD Kota Tasikmalaya yang baru.

"Tentunya harus bisa menjalankan amanah sebagaimana yang diharapkan masyarakat Kota Tasikmalaya, serta ada perubahan yang cukup signifikan dengan ide-ide yang inovatif terkait dengan 3 fungsi dewan, yakni legislasi, budgeting dan pengawasan," ujarnya.

Menyikapi dinamika perkembangan ekonomi negara secara umum yang turut berdampak ke daerah, kata Nanang, akan cenderung menyebabkan geliat perekonomian semakin sulit. Hal ini harus ditopang dengan regulasi dan anggaran yang tepat sasaran.

"Kemudian, ancaman disintegrasi bangsa yang harus diamankan dengan regulasi-regulasi yang mengedepankan kearifan lokal. Dan yang terakhir kinerja eksekutif yang berkaitan dengan supervisi dari anggota DPRD yang terpilih. Itu menjadi harapan saya" katanya.

 

Koropak.co.id - Tiga Fungsi Utama Dewan Diharap Lebih Dioptimalkan di 2019-2024 (2)

 

Baca : Driver Gojek Gelar Aksi ke DPRD Soal Pernyataan Bos Taxi Malaysia

Nanang berpesan bahwa anggota dewan yang baru harus merubah paradigma dengan lebih terbuka dengan harapan di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya ini ada ruangan khusus yang disebut Media Center, agar hasil-hasil produk dari dewan bisa langsung terpublikasi melalui media.

Pasalnya, ucap Nanang, berangkat dari keterbukaan komunikasi maka transparansi dan akuntabilitas menjadi lebih terjamin. Jujur dan terus terang demi mengembalikan marwah kepercayaan publik terhadap anggota legislatif.

"Diharapkan juga ada satu saluran bagi warga masyarakat Kota Tasikmalaya untuk menyampaikan aspirasinya agar lebih mudah dan lebih cepat yakni membuka saluran satu nomor telepon untuk menampung aspirasi masyarakat, bila perlu 1x24 jam," ucapnya.*

 

Lihat : Geruduk Dewan, Ratusan Driver Gojek Keluhkan Ketidakadilan Manajemen

 

 


Berita Terkait