Camat di Garut Ini Ciptakan Mesin Penghancur Sampah

Jum'at, 06 September 2019 21:53 Dedi Sofwan Daerah

Camat di Garut Ini Ciptakan Mesin Penghancur Sampah


Koropak.co.id - Teknologi tepat guna yang diperkenalkan oleh Camat Tarogong Kidul Drs. Doni Rukmana dengan mengedepankan penyelesaian masalah sampah yang terjadi di Kabupaten Garut yang selama ini menjadi masalah krusial.

Solusi yang dihadirkan adalah mesin penghancur sampah yang dinamai Mesin Agro Waste, dengan kapasitas untuk menghancurkan berbagai sampah mulai dari organik dan non organik diproduksi oleh warga Kecamatan Cisewu.

Produk Karang taruna yang juga melibatkan siswa SMK dan Kelompok tani setempat ini diperkenalkan dengan tujuan meminimalisasi permasalahan sampah di Tarogong Kidul dengan upaya memberdayakan masyarakat.

 

Koropak.co.id - Camat di Garut Ini Ciptakan Mesin Penghancur Sampah (2)

 

Baca : Memalukan! Irigasi di Garut Dibanjiri Sampah

 

Kepada Koropak, Jumat (6/9/2019) Camat Tarogong Kidul Drs. Doni Rukamana mengatakan teknologi tepat guna tersebut dikembangkan dia semasa menjabat sebagai Camat Cisewu dengan melibatkan berbagai element masyarakat. .

“Mulai dari fisik kita menggerakkan bengkel setempat, untuk IT dari SMK Cisewu dan tentu saja melibatkan juga peran petani setempat,” ucapnya.

Doni berharap hasil karya teknologi tepat guna tersebut dipergunakan di Tarogong Kidul dengan melengkapi komponen yang masih dirasakan kurang, agar mesin dapat digunakan seoptimal mungkin.

“Kita akan terus berinovasi agar mesin ini dapat bekerja secara optimal sejalan dengan volume sampah yang ada di kecamatan Tarogong Kidul yang terus meningkat setiap harinya," katanya.*

 

Baca pula : Camat Karangpawitan Garut Syukuri Bantuan Truk Sampah