Soal KPM Tidak Layak Dibantu, Dinsos Dorong Aktualiasi Data

Sabtu, 07 September 2019 11:00 Irsal Ismail Daerah

Soal KPM Tidak Layak Dibantu, Dinsos Dorong Aktualiasi Data

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Garut Heri Gunawan Saputra mendorong agar pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Garut dapat lebih maksimal dalam melakukan verifikasi dan validasi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Hal itu disampaikan Heri kepada Koropak, Kamis (5/9/2019). Dikatakan Heri, terdapat permasalahan yang mengemuka terkait PKH di Kabupaten Garut, termasuk banyaknya laporan dari warga atau lembaga swadaya masyarakat bahwa calon KPM PKH di Garut banyak yang tidak layak dibantu.

"Oleh sebab itu, kami harapkan pendamping PKH dapat lebih optimal dan selektif dalam verifikasi dan validasi calon KPM," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Soal KPM Tidak Layak Dibantu, Dinsos Dorong Aktualiasi Data (2)

 

Baca : Penambahan Penerima Manfaat PKH di Garut Mencapai 268 Keluarga

Supervisor PKH Kabupaten Garut, Irsal Ismail menuturkan adanya laporan terkait KPM PKH yang tidak layak diberi bantuan, dikarenakan terdapat data yang tidak aktual.

"Jadi, kemungkinan dulu saat verifikasi dan validasi, KPM tersebut sangat layak dibantu dan masuk ke daftar tunggu. Akan tetapi setelah daftar nama tersebut keluar yang menjadi daftar tunggu, KPM tersebut sudah mampu dan tidak layak menjadi anggota KPM PKH," katanya.

Dikatakan Irsal, sebagai solusinya, sudah dilakukan verifikasi ulang guna mendata calon KPM yang sudah tidak layak menerima PKH. Bahkan, sudah dibuatka surat pernyataan dari pemerintah desa," ujarnya.*

 

Baca pula : Sosialisasi PKH di Tasikmalaya Kian Efektif Saat Validasi Calon KPM