Fakultas Kesehatan Unigal Ajak Mahasiswa Ciptakan Kampus Bersih Narkoba

Sabtu, 07 September 2019 18:36 Ahmad Mukhlis Daerah

Fakultas Kesehatan Unigal Ajak Mahasiswa Ciptakan Kampus Bersih Narkoba


Koropak.co.id - Panitia Bimbingan Akademik Mahasiswa Baru (BAMBA) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Galuh Ciamis Tahun Akademik 2019/2020 menggelar acara Talk Show dengan menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, bertempat di Aula Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh Jalan RE Martadinata Nomor 150 Ciamis Jawa Barat, Jumat (6/9/2019).

Ketua Pelaksana, Dandi Rismawan menuturkan tema yang diangkat yaitu 3M untuk BAMBA, yakni mengenalkan, membantu dan mendidik.

"Kegiatan BAMBA di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan situasi kampus dan mengenalkan juga kepada seluruh civitas akademika khususnya yang ada di FIKes Unigal. Selain itu juga mengenalkan bagaimana sistem pendidikan dan proses belajar mengajar," katanya.

 

Koropak.co.id - Fakultas Kesehatan Unigal Ajak Mahasiswa Ciptakan Kampus Bersih Narkoba (2)

 

Baca : BNN Camis Siap Wujudkan Kampus Bersih Narkoba di Kabupaten Pangandaran

 

Digelarnya talkshow tentang bahaya narkoba, kata Dandi, untuk memberikan wawasan serta informasi baru tentang permasalahan narkoba yang saat ini sudah membuat prihatin kami, sehingga besar harapan setelah kegiatan ini para peserta yang hadir baik itu mahasiswa baru maupun dari panitia memiliki bekal untuk menolak penyalahgunaan narkoba.

"Kami berharap mahasiswa baru mampu memberikan dampak positif terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba baik individu maupun orang lain, serta berperan aktif dalam upaya menciptakan lingkugan kampus bersih narkoba," ujar Dandi.

Kepala BNN Kabupaten Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., menuturkan narkoba mengancam remaja dengan kelompok resiko tinggi yaitu remaja yang mempunyai rasa rendah diri, kurang percaya diri, dan mempunyai citra diri negatif.

"Remaja terdampak narkoba memiliki ciri identitas yang kabur, diliputi rasa sedih atau depresi, bahkan cemas atau ansietas. Remaja terdampak narkoba juga cenderung melakukan sesuatu yang mengandung resiko tinggi serta besar bahayanya," katanya.*

 

Baca pula : Kesbangpol Pangandaran Gelorakan Tolak Narkoba