Sungai Ciwulan Tercemar, Dewan Minta Dinas Lakukan Akselerasi

Senin, 09 September 2019 18:33 Clara Aditia Parlemen

Sungai Ciwulan Tercemar, Dewan Minta Dinas Lakukan Akselerasi

 

Koropak.co.id - Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya 2019-2024, Andi Warsandi, SE menuntut Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya untuk segera berakselerasi menangani tercemarnya Sungai Ciwulan.

Hal itu disampaikan Andi kepada Koropak selepas menerima audiensi dari gabungan 50 organisasi, mulai organisasi mahasiswa yang terdiri atas BEM Tasikmalaya, HMI, PMII, dan KAMMI, organisasi pecinta alam FKPAT, Karang Taruna, Komunitas Cermin, Republik Aer, dan organisasi lainnya yang tergabung dalam Forum Tasikmalaya Penyelematan Sungai Ciwulan (Fortas Tai) yang digelar di DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (9/9/2019).

"Atas informasi yang kita himpun, Sungai Ciwulan mengalir ke Kota Tasikmalaya, sehingga secara otomatis ketika tercemar di wilayah kabupaten, akan masuk pula ke wilayah kota. Kami juga menerima informasi bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya yang saat ini tengah melakukan penelitian dengan mengambil sampel dan mengujinya di laboratorium," katanya.

Oleh sebab itu, tutur Andi, Fraksi Gerindra meminta dinas segera publish hasil uji lab, dan segera ditindaklanjuti penanganannya.

"Kami juga meminta dinas agar memastikan pencemarannya, kemudian segera ambil langkah. Jika memang sumbernya dari Kabupaten Tasikmalaya, kami minta dinas segera koordinasi dengan Pemkab Tasikmalaya," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Sungai Ciwulan Tercemar, Dewan Minta Dinas Lakukan Akselerasi 2

 

Baca : Dewan Kecewa Implementasi Perda Izin Lingkungan Nihil

 

Andi juga mendorong dinas agar dapat mengambil langkah taktis bagaimana mengatasi pencemaran yang masuk ke wilayah kota. Terkait kerusakan lingkungan di bantaran sungai, dewan mendorong dinas terkait untuk menjadikannya sebagai skala prioritas penanggulangan.

"Lakukan pemeliharaan sungai sesuai tugas pokok dan fungsi dinas terkait. Lakukan langkah terbaik, dan antisipasi kerusakan yang lebih parah," katanya.

Soal langkah teknis seperti apa penanganannya, ucap Andi, dewan menyerahkan tindak lanjutnya seperti apa karena yang lebih mengetahui langkah teknis penanggulangan adalah dinas terkait.

"Namun kami mendorong, segera dapatkan hasil lab, segera tanggulangi dampak yang membahayakan lingkungan. Dinas harus bergerak cepat, dinas harus lakukan akselerasi!," tutur Andi.*

 

Baca : Dewan Segera Evaluasi Kinerja Dinas Pelaksana Perda Izin Lingkungan


Berita Terkait