Dewan Harap Masyarakat Kota Tasikmalaya Lebih Berdaya

Selasa, 10 September 2019 15:16 Eris Kuswara Daerah

Dewan Harap Masyarakat Kota Tasikmalaya Lebih Berdaya


Koropak.co.id - Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019-2024, Ishak Farid mengapresiasi kegiatan penyerahan santunan yang digelar dalam menyambut 10 Muharam 1441 Hijriah. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus terlebih lagi jika dilestarikan dikarenakan banyak sekali mamfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat baik yang mampu maupun yang tidak mampu.

Hal itu disampaikan Ishak kepada Koropak selepas menghadiri kegiatan santunan untuk kaum dhuafa dan anak yatim yang dilaksanakan di Masjid Al-Istiqomah Perum Sukamulya Permai Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Senin (9/9/2019) malam.

"Manfaat yang pertama adalah sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar warga sehingga terbangun kebersamaan. Ukhuwah Islamiyah akan kian terasa terjalin. Kemudian turut memupuk dan membangun sinergitas antara orang yang mampu dengan orang yang tidak mampu serta membangun kesholehan karena kesholehan itu ada secara ritual dan secara sosial," kata Ishak.

 

Koropak.co.id - Dewan Harapkan Masyarakat Bisa Lebih Terberdayakan (2)

 

Baca : Dewan Harus Bisa Perjuangkan Harapan dan Aspirasi Masyarakat

Ditambahkan Ishak, kesholehan ritual bisa dilaksanakan dengan cara sholat dan baca Al-Quran. Sedangkan untuk kesholehan sosial dituangkan dalam wujud kemampuan dan kemauan untuk berbagi dengan lainnya.

"Mereka yang perlu dibantu, bukan hanya membutuhkan perlindungan saja namun juga membutuhkan perhatian dan bantuan sarana serta prasarana-nya," katanya.

Saling membantu, kata Ishak, sudah ditegaskan dalam Al-Quran, sehingga inilah hal yang harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan agar tidak ada kesenjangan sosial antara orang mampu dan tidak mampu.

"Dalam hal ini, dewan juga seharusnya hadir di masyarakat sebagai jembatan karena bahwa sebenarnya kegiatan seperti ini untuk evaluasi mengenai sejauh mana tingkat kesejahteraan masyarakatnya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Harapkan Masyarakat Bisa Lebih Terberdayakan (3)

 

Baca pula : Peserta Khitanan Massal Mendapat Santunan

Namun disisi lain, kata Ishak, pemerintah juga harus hadir sehingga mereka bisa mengetahui bagaimana cara menuntaskan masalah yang ada di Kota Tasikmalaya seperti mengurangi pengangguran, membuka jalan untuk usaha masyarakat, serta mengurangi tingkat kemiskinan dengan cara ditingkatkannya daya beli masyarakat.

"Kemiskinan itu berawal dari masyarakat yang tidak mampu tetapi lama kelamaan kemiskinan itu juga bisa menjadi sebuah karakter yang tidak bisa dihindari jika masyarakat tetap memelihara sikap ketergantungannya. Oleh karena itu, pemerintah harus hadir untuk memberikan ruang bagi masyarakat agar mereka bisa diberdayakan," ujarnya.*

 

Baca : Anggota Dewan Ini Suarakan Kepedulian Terhadap Sesama

 

 

 


Berita Terkait