Baraya Onthel Soreang Ajak Komunitas Onthel Keliling Kabupaten Bandung

Rabu, 11 September 2019 16:06 Erni Nur'aeni Daerah

Baraya Onthel Soreang Ajak Komunitas Onthel Keliling Kabupaten Bandung

 

Koropak.co.id - Sepeda onthel merupakan moda transportasi buhun yang saat ini sudah sangat jarang dijumpai. Namun, di sebagian kalangan, sepeda onthel tetap eksis, bahkan tidak sedikit masyarakat membuat sebuah perkumpulan sepeda onthel.

Seperti halnya Baraya Onthel Soreang yang sudah lama berdiri. Di tahun 2019 ini, Baraya Onthel Soreang yang bermarkas di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung akan merayakan miladnya ke-11 tahun dengan menggelar "Ngontel Bareng Mojang Jajaka Kabupaten Bandung".

Menggandeng Mojang Jajaka Kabupaten Bandung, event bertajuk "Bosehkeun Kabupaten Bandung" tersebut akan digelar pada Minggu (15/9/2019) besok, dan dikonsentrasikan di Dome Bale Rame Sabilulungan Kabupaten Bandung.

Guna menyemarakkan acara, di event tersebut akan digelar serangkaian acara hiburan, mulai band performance, freestyle onthel, kegiatan sosial, bazaar, kesenian tradisional, klitikan, serta doorprize paket wisata hingga Rp 40 juta.

 

Koropak.co.id - Baraya Onthel Soreang Ajak Komunitas Onthel Keliling Bandung (3)

 

Acara juga turut dimeriahkan penampilan spesial dari Jingga Kelana, Patara, Modjojuana, Karinding Awi Pipir, Karinding Harmonia, Motekar, serta Astero Band.

Salah seorang panitia pelaksana, Diva Direja mengatakan tujuan digelarnya event sepeda onthel tersebut untuk menjalin silaturahmi antar pegiat sepeda onthel, sekaligus menjadi alternatif daya pikat wisatawan datang ke Kabupaten Bandung.

"Kami menargetkan event ini diikuti 2.000 onthel dari wilayah Jawa Barat, Solo, Yogyakarta dan kabupaten lainnya di Indonesia," kata Diva.

Ditambahkan Diva, pendaftaran hingga saat ini masih dibuka. Informasi pendaftaran bisa mengakses akun Instagram @BarayaSoreang atau datang langsung ke Customer Service Miko Mall Bandung, Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 599, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat dengan harga tiket hanya Rp 15.000.

 

Koropak.co.id - Baraya Onthel Soreang Ajak Komunitas Onthel Keliling Bandung (2)

 


Baca : Baraya Onthel Soreang Hadir di Festival Kendan


Informasi juga bisa didapatkan dengan menghubungi contact person panitia, yakni Eris (0821-7743-0037), Yoga (0896-6429-7662), dan Ahmad (0896-5549-5405).

"Kami berharap melalui event ini, muncul minat masyarakat untuk melestarikan onthel. Di event tersebut, rencananya akan digelar konvoi onthel dengan rute mengelilingi Soreang dan akan mengundang Bupati Bandung serta dinas instansi lainnya," ujarnya.

Ke depan, kata Diva, panitia ingin meningkatkan kegiatan ini menjadi agenda rutin khas Kabupaten Bandung. Lebih jauh lagi, menciptakan sinergitas antara komunitas dan pemerintah sehingga memberikan hal positf yang akan berdampak baik untuk masyarakat.*

 

Lihat : Festival Kendan Gali Potensi Seni Budaya