Saat Ini Belum Ada Agenda Krusial di DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Sabtu, 14 September 2019 19:51 D. Farhan Kamil Parlemen

Saat Ini Belum Ada Agenda Krusial di DPRD Kabupaten Tasikmalaya


Koropak.co.id - Menanggapi kerisauan pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Tasikmalaya, atas belum terbentuknya pimpinan dewan definitif, yang kemudian dianggap akan menghambat pelaksanaan agenda-agenda penting, mantan Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2014-2019, Dr. H. Basuki Rahmat, M.Si mengatakan, secara kelembagaan legislatif hari ini belum pada situasi kritis, karena tugas-tugas penting DPRD sudah tuntas yakni APBD Perubahan dan APBD murni 2020.

Basuki menganggap, persoalan Ketua DPRD itu murni persoalan internal Gerindra sehingga sepatutnya diberi kesempatan untuk menyelesaikannya.

"Saya kira itu terjadi karena miss communication. Dalam hal ini, saya harapkan kepada sekretaris dewan agar tidak baperan. Fokus saja kepada tugas fasilitasi, jangan intervensi ke dalam masalah-masalah di fraksi," tutur Basuki kepada Koropak, Sabtu (14/9/2019).

 

Baca : Partai Penguasa Parlemen Menghambat Agenda Dewan Keteteran

Menurutnya, keanggotaan DPRD periode 2019-2024 ini masih sangat baru, yakni baru dua minggu. Artinya untuk sebuah proses politik masih dianggap normal.

"Masih banyak waktu. Toh hingga hari ini belum ada agenda DPRD yang krusial," kata Basuki yang juga dosen ilmu administrasi negara di salah satu perguruan tinggi di Kota Tasikmalaya.

Ditanya soal proses evaluasi APBDP 2019 dan APBD 2020 apabila hasil evaluasi Gubernur sudah turun, ia menegaskan, evaluasi APBD itu bersifat adminitratif bukan politis.

"Ya jalan saja meskipun pimpinan definif DPRD belum ada," ucapnya. *

 

Baca pula : Selain Molor Rapat Paripurna Diwarnai Hujan Interupsi dan Skorsing

 


Berita Terkait