Wujudkan Hidup Bersih dan Sehat, Demi Garut Lebih Sehat

Sabtu, 14 September 2019 20:06 Dedi Sofwan Daerah

Wujudkan Hidup Bersih dan Sehat, Demi Garut Lebih Sehat


Koropak.co.id - Kebersihan sebagian dari Iman. Pepatah tersebut menunjukan betapa pentingnya hidup bersih dan sehat. Demikian pula disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, H Uu Saepudin. Menurutnya, kebersihan bukan hanya tentang sampah dan penanganannya akan tetapi lebih penting memberikan penyadaran secara masif kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Uu kepada Koropak, saat dijumpai ruang kerjanya, Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019).

"Saya sudah berkomunikasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Garut untuk lebih berupaya memasyarakatkan pola hidup sehat," ucap Uu.

Dikatakan Uu, Pemkab Garut telah memiliki payung hukum terkait dengan penanganan sampah yang masih menjadi hal krusial di Garut, yakni melalui Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang K-3 yang memuat tentang aturan hak dan kewajiban warga terkait dengan kebersihan.

"Dalam Perda tersebut diterangkan apabila membuang sampah sembarangan bukan saja akan mendapatkan sanksi kurungan akan tetapi ada juga subsidernya berupa denda uang dengan besaran maksimal sampai Rp 50 juta," tutur Uu.

 

Koropak.co.id - Wujudkan Hidup Bersih dan Sehat, Demi Garut Lebih Sehat (2)

 

Baca : Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim

Saat ini, kata Uu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut juga menginginkan semua pihak mengetahui dan memahami peraturan yang sudah dibuat lima tahun yang lalu tersebut.

"Dalam kenyataannya, selama lima tahun aturan tersebut kurang tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat. Sehingga kami akan segera menyosialisasikannya dan berharap penegakan Perda terkait kebersihan ini," katanya.

Penegakan Perda, kata Uu harus segera dilakukan agar masyarakat Garut mengerti dan menyadari bahwa membuang sampah sembarangan itu dapat dipidanakan dan konsep menuju Garut yang lebih sehat, rapih dan lebih maju segera terwujud.*

 

Baca pula : Bupati garut Launching Model Desa RHL Berbasis DAS

 


Berita Terkait