Gema Madani Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 17 September 2019 18:32 Eris Kuswara Daerah

Gema Madani Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat

 

Koropak.co.id - Camat Tamansari, Ukim Sumantri mengapresiasi seluruh stakeholder yang terlibat dalam program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) mulai dari Pemerintah Kota Tasikmalaya hingga para pendamping.

Adanya keterlibatan multipihak dalam Gema Madani Simpati membuat masyarakat yang tergabung dalam klaster yang ada di tiap kelurahan lebih berkemandirian dalam ekonomi sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan.

"Kami ucapkan terimakasih khususnya kepada para pelaksana kegiatan di setiap kelurahan. Alhamdulillah di Kecamatan Tamansari untuk tahun 2019 ini menjadi kecamatan yang paling cepat dalam melaksanakan berbagai kegiatan Gema Madani Simpati mulai dari tahap penyusunan proposal, pelaksanaan kegiatan, hingga tahap pelaporan," kata Ukim.

Ukim berharap agar berbagai inovasi yang sudah dilaksanakan oleh para pendamping, koordinator, hingga klaster bisa sukses. Namun, untuk menyukseskannya, perlu ada sumbangsih saran dan pemikiran semua pihak agar program Gema Madani Simpati semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

"Target dengan pemberdayaan masyarakat secara garis besar terbagi menjadi dua bagian yakni pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi. Dari sisi pemberdayaan sosial, target pemerintah adalah merubah prilaku masyarakat ke arah yang lebih baik," katanya.

 

Koropak.co.id - Gema Madani Miliki Peranan Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat (2)

 

Baca : Gema Madani Tumbuhkan Geliat Semangat Kewirausahaan Masyarakat

Sementara untuk pemberdayaan ekonomi, ucap Ukim, pemerintah mengharapkan agar masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraan ekonominya sehingga mereka tidak akan terlalu bergantung kepada pemerintah.

Dengan adanya program Gema Madani Simpati, tutur Ukim, diharapkan masyarakat bisa lebih inovatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah. Oleh sebab itu, dengan ada atau tidak adanya program Gema Madani Simpati, masyarakat mesti memiliki kemampuan ekonomi untuk meningkatkan derajat dan kualitas hidupnya.

"Melalui program Gema Madani Simpati, kami juga menilai setelah adanya klaster ekonomi di masing-masing kecamatan, Alhamdulillah setiap kecamatan memiliki produk unggulan masing-masing salah satunya di Kecamatan Tamansari yang semuanya sudah sepakat menjadikan Kecamatan Tamansari sebagai sentra berbagai manisan buah dan sayuran, mulai terong, cabai, tomat dan honje yang diproduksi oleh masyarakat dengan stimulan dari program Gema Madani Simpati," tuturnya.*

 

Baca : Kecamatan Tamansari Jadi Sentra Produk Olahan Manisan Sayuran

 

 


Berita Terkait