Kecamatan Tamansari Jadi Sentra Produk Olahan Manisan Sayuran

Selasa, 17 September 2019 18:50 Eris Kuswara Daerah

Kecamatan Tamansari Jadi Sentra Produk Olahan Manisan Sayuran


Koropak.co.id - Melalui Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati), khususnya di bidang Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat (i-Pakem), masyarakat di 8 kelurahan se-Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya terus berlomba berinovasi menciptakan produk unggulan, khususnya manisan sayuran.

Camat Tamansari, Ukim Sumantri menuturkan, masyarakat masih membutuhkan bantuan dari pemerintah sebagai dukungan untuk pengembangan produk, karena masyarakat sepakat ingin menjadikan produknya bebas dari bahan pengawet.

"Namun pengembangan tersebut memiliki berbagai risiko. Salah satunya tingkat keawetan. Di satu sisi, manisan sayuran sehat untuk dikonsumsi karena bebas pengawet, tetapi di sisi lain tingkat keawetannya tidak bertahan lama," kata Ukim saat berbincang bersama Koropak selepas meninjau kegiatan di Saung Madani Kecamatan Tamansari, Senin (16/8/2019).

 

Koropak.co.id - Kecamatan Tamansari Jadi Sentra Produk Olahan Manisan Sayuran (1)

 

Baca : Gema Madani Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Dikarenakan produk manisan sayuran tidak bisa bertahan lama, ucap Ukim, dibutuhkan sentuhan teknologi yang mumpuni sehingga membuat produk manisan bisa lebih awet.

"Menurut informasi dari Koordinator Kota, program Gema Madani Simpati ke depan akan diarahkan kepada pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi. Oleh karena itu kami mengharapkan pemerintah bisa tetap mempertahankan nominal stimulan yang dikucurkan sekalipun alokasi untuk infrastruktur dihilangkan," katanya.

Dalam bidang pemberdayaan sosial, ucap Ukim, dengan adanya program Gema Madani Simpati, sangat dirasakan manfaatnya dalam mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Oleh sebab itu kami harapkan program Gema Madani Simpati akan selalu ada demi memacu geliat perekonomian masyarakat di tingkat kelurahan," ucapnya.*

 

Baca : Produk Unggulan Kecamatan Tamansari Akan Lebih Dikembangkan

 

 


Berita Terkait