Klaster di Kecamatan Tamansari Harapkan Gema Madani Simpati Berkesinambungan

Rabu, 18 September 2019 12:41 Didit Fauzi Daerah

Klaster di Kecamatan Tamansari Harapkan Gema Madani Simpati Berkesinambungan


Koropak.co.id - Program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati), khususnya bidang Inovasi Pengembangan Ekonomi Masyarakarat (I-Pakem) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di tiap kelurahan yang ada di seluruh kecamatan se-Kota Tasikmalaya, tidak terkecuali di Kecamatan Tamansari.

Demikian disampaikan Perwakilan Klaster T'Giung dari Kelurahan Sukahurip, Elly Lidyawati kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan visualisasi Saung Madani Kecamatan Tamansari pada Senin (16/9/2019).

"Kami menciptakan produk olahan manisan dari sayuran berupa manisan tomat, terong, honje, dan masih banyak lagi lainnya. Idenya berawal dari melihat melimpahnya hasil panen sayuran petani di Kecamaran Tamansari, sehingga kami mempunyai keinginan memanfaatkan sayuran tersebut untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai lebih," katanya.

 

Koropak.co.id - Klaster di Kecamatan Tamansari Harapkan Gema Madani Simpati Berkesinambungan (2)

 

Baca : Produk Unggulan Kecamatan Tamansari Akan Lebih Dikembangkan

 

Ditambahkan Elly, dengan inovasi, sayuran tersebut disulap menjadi manisan yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding sayurannya. Hal itu pula yang memacu menggeliatnya ekonomi masyarakat, khususnya klaster di tiap kelurahan di Kecamatan Tamansari.

"Terlebih setelah dicanangkan bahwa produk unggulan dari Kecamatan Tamansari adalah manisan sayuran, masyarakat berlomba berinovasi menciptakan manisan sayuran dengan bahan-bahan lain yang lebih unik, menarik, dan mampu menjangkau pasar lebih luas lagi," tuturnya.

Program Gema Madani Simpati, ucap Elly, sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat, khususnya kalangan ibu rumah tangga yang menjadi klaster di tiap kelurahan. Para ibu rumah tangga jadi memiliki kegiatan di waktu kosongnya untuk lebih produktif dan menghasilkan nilai rupiah.

"Semoga program Gema Madani Simpati dapat terus berkesinambungan karena keberadaanya sangat membantu ekonomi masyarakat. Kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya, kami harapkan di tahun depan nilai stimulan dalam program Gema Madani Simpati bisa meningkat agar pemberdayaan dan pengembangan kalster bisa lebih dimaksimalkan lagi.*

 

Baca pula : Gema Madani Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat

 


Berita Terkait