Potensi Pasar Kerajinan Berbahan Limbah Koran Masih Terbuka Lebar

Rabu, 18 September 2019 23:03 Eris Kuswara Daerah

Potensi Pasar Kerajinan Berbahan Limbah Koran Masih Terbuka Lebar


Koropak.co.id - Program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) memiliki peranan penting bagi klaster. Hal tersebut dikarenakan program yang digulirkan Pemerintah Kota Tasikmalaya memiliki fungsi pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Saung Madani Kecamatan Cipedes, Deni Sanjaya kepada Koropak selepas kegiatan visualisasi di Saung Madani Kecamatan Cipedes, Rabu (18/9/2019). Dikatakan Deni, Saung Madani tingkat kecamatan memiliki peranan dalam meningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan kapasitas manajemen hingga pendampingan pemasaran produk hasil karya klaster dari masing-masing kelurahan.

"Sejauh ini, limbah koran yang kami produksi, masih membutuhkan inovasi yang berkelanjutan. Di samping itu, masih diperlukan beberapa pengurusan lainnya seperti halnya administrasi karena kami menginginkan Saung Madani ini ke depannya bisa memiliki payung hukum," kata Deni.

 

Koropak.co.id - Potensi Pasar Kerajinan Berbahan Limbah Koran Masih Terbuka Lebar

 

Baca : Gema Madani Simpati Berdayakan Ekonomi Warga Cipedes

 

Ditambahkan Deni, potensi pasar, produk kerajinan berbahan baku limbah koran masih sangat terbuka lebar. Hal itu dikarenakan dalam pemasaran produknya, Saung Madani Kecamatan Cipedes memberikan pendampingan agar klaster dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

"Saya optimis sejauh ini potensi pasar masih sangat terbuka lebar, karena produk kerajinan dari limbah koran ini masih jarang ditemukan. Sehingga hal tersebut menjadi dorongan bagi kami agar pengelolaan limbah koran yang tadinya tidak berguna menjadi berguna dan bernilai jual yang kompetitif," ucapnya.

Deni juga berharap, agar program Gema Madani Simpati dari Pemerintah Kota Tasikmalaya ini bisa berkelanjutan karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

"Perekonomian masyarakat bergeliat berkat stimulan Program Gema Madani Simpati ini," ujarnya.*

 


Berita Terkait