Gema Madani Simpati Berperan Penting Bagi Seluruh Klaster di Cipedes

Rabu, 18 September 2019 23:09 Eris Kuswara Daerah

Gema Madani Simpati Berperan Penting Bagi Seluruh Klaster di Cipedes

 

Koropak.co.id - Perwakilan Klaster Wirawangsa Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Lusi Susanti menyambut positif Program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati). Menurutnya, Program Gema Madani Simpati memiliki peranan penting dalam memacu geliat ekonomi masyarakat, khususnya klaster yang ada di tiap kelurahan di Kecamatan Cipedes.

Demikian disampaikan Lusi selepas kegiatan visualisasi yang digelar di Saung Madani Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Rabu (18/9/2019). Dikatakan Lusi, program Gema Madani Simpati yang menjadi program Pemerintah Kota Tasikmalaya ini turut menyukseskan pengurangan angka pengangguran di Kota Tasikmalaya, khususnya di Kecamatan Cipedes.

"Adapun ide awal kami mengolah kerajinan dari limbah koran ini dikarenakan banyaknya potensi limbah koran yang bisa dikumpulkan di Kecamatan Cipedes. Terlebih lagi saat itu, ada seorang tokoh di Kecamatan Cipedes yang memotivasi klaster dengan memberikan pelatihan membuat kerajinan dari koran bekas," kata Lusi.

 

Koropak.co.id - Gema Madani Simpati Berperan Penting Bagi Seluruh Klaster di Cipedes (2)

 

Baca : Potensi Pasar Kerajinan Berbahan Limbah Koran Masih Terbuka Lebar

 

Ditambahkan Lusi, manfaat dari program Gema Madani Simpati ini sangat dirasakan oleh masyarakat khususnya anggota klaster. Termasuk para ibu rumah tangga yang ada di setiap kelurahan yang tadinya tidak memiliki penghasilan, kini dapat mencetak pundi-pundi rupiah.

"Dengan adanya program Gema Madani Simpati, anggota klaster dan ibu rumah tangga di sekitar klaster sebagai binaan kami kini menjadi memiliki suatu kegiatan positif. Contohnya dengan melinting limbah koran menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi," ucapnya.

Lusi berharap, Program Gema Madani Simpati ke depan dapat berkesinambungan dan terus dikembangkan. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan program Gema Madani Simpati yang kebermanfaatannya sangat dirasakan sekali oleh klaster.*

 

Baca pula : Gema Madani Simpati Berdayakan Ekonomi Warga Cipedes




Berita Terkait