Dampak Kebakaran Hutan, Beberapa Orangutan Terkena ISPA

Kamis, 19 September 2019 16:14 Erni Nur'aeni Nasional

Dampak Kebakaran Hutan, Beberapa Orangutan Terkena ISPA



Koropak.co.id - Kebakaran hutan yang melanda wilayah Kalimantan Tengah dan Riau tidak hanya membuat masyarakat saja yang terganggu kesehatannya. Namun juga belasan orangutan yang sedang direhabilitasi di kawasan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Mulai orangutan dewasa hingga balita yang berada di dalam kandang maupun mengikuti sekolah hutan yang berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi kebakaran. Belum diketahui pasti informasi orangutan yang terkena paparan kabut asap dan tidak, pihak yayasan terus berupaya memantau hutan-hutan yang menjadi tempat pelepasliaran orangutan.

Dokter hewan atau vetenarian, drh Viet berusaha memfokuskan diri untuk memantau dan merawat orangutan yang berada di pusat rehabilitasi. Perawatan dilakukan dengan memberikan beberapa ramuan herbal serta suplemen lainnya sebagai upaya menanganannya.

Meskipun sebagian orangutan sudah dalam kondisi yang membaik pasca diberi penanganan, namun sebagian orangutan kambuh kembali karena kabut asap yang sangat tebal.

 

 

Koropak.co.id - Dampak Kebakaran Hutan, Beberapa Orangutan Terkena ISPA

 

Baca : Akibat Kebakaran Hutan, Indonesia Darurat Kabut Asap

Berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kondisi udara di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangkaraya telah berada pada level berbahaya bagi mahluk hidup, baik manusia, orangutan maupun hewan lainnya.

Tidak hanya orangutan yang menjadi korban dari dampak kebakaran tersebut, beberapa ular pun ditemukan mati karena tidak dapat menyelamatkan diri dari kebakaran hebat tersebut.*

 

Baca pula : Pangdam III/Siliwangi Periksa Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai

 


Berita Terkait