Jajanan Pasar Ikon Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya

Kamis, 19 September 2019 20:20 Eris Kuswara Daerah

Jajanan Pasar Ikon Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - Asisten Program Gerakan Masyarakat Mandiri Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) Kota Tasikmalaya Bidang Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat (I-Pakem), Dedi Kardiana, S.Ag mengatakan program Gema Madani Simpati melalui Saung Madani merupakan inisiasi yang didorong oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

"Saung Madani merupakan lembaga yang bersifat secara partisipatif dalam mengembangkan produk-produk unggulan di masing-masing kecamatan. Saung Madani ini juga berperan dalam mengendalikan kegiatan-kegiatan usaha klaster di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya," kata Dedi kepada Koropak saat meninjau kegiatan visualisasi Saung Madani Cihideung, Kamis (19/9/2019).

 

Koropak.co.id - Jajanan Pasar Ikon Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Gema Madani Kota Tasikmalaya Dorong Masyarakat Mandiri dan Berdaya Saing

Ditambahkan Dedi, Gema Madani Simpati bertujuan untuk lebih mengembangkan produk-produk unggulan di setiap kecamatannya, sehingga pengembangan wirausaha baru di masing-masing kelurahan yang berbasis klaster bisa dikembangkan dan menjadi sebuah produk unggulan di setiap kecamatan.

"Kami menyepakati bahwa di setiap kecamatan memiliki produk unggulan guna mewujudkan 'One Distric One Product'. Kami apresiasi karena di Kecamatan Cihideung, peran serta Saung Madani tingkat kecamatan telah mendorong klaster melahirkan produk unggulan, yakni jajanan pasar," ucapnya.

Cihideung, kata Dedi, sebagian besarnya masuk dalam wilayah perkotaan, maka diharapkan jajanan pasar ini bisa menjadi sebuah ciri khas tersendiri bahwa di wilayah perkotaan, jajanan pasar ini bisa masuk dan bekerjasama dengan pusat-pusat perbelanjaan ataupun perhotelan.*

 

Baca pula : Gema Madani Simpati Berdayakan Ekonomi Warga Cipedes


Berita Terkait