Berharap Turun Hujan, Warga Tasikmalaya Gelar Salat Istisqa

Jum'at, 20 September 2019 20:14 D. Farhan Kamil Daerah

Berharap Turun Hujan, Warga Tasikmalaya Gelar Salat Istisqa

 

Koropak.co.id - Berharap turun hujan berkah, ratusan remaja, pemuda, orang tua berbagai kalangan bahkan anak-anak warga Desa/Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya menggelar salat Istisqa di area persawahan kering di Kampung Sukatani Desa Puspahiang, Jumat (20/9/2019).

Meskipun di bawah terik sinar matahari, nampak jamaah Salat Istisqa dengan khusyuk dan penuh khidmat mengikuti komando imam yang dilanjutkan dengan berdoa serta merubah posisi sorban yang dikenakan sesuai dengan kebiasaan seusai pelaksanaan Salat.

Tokoh masyarakat Kecamatan Puspahiang, Ustadz Dadi Supriadi mengatakan, saat ini, masyarakat Kecamatan Puspahiang sudah kesulitan air bersih. Tak lagi ada sumber air yang bisa diandalkan para petani untuk mengairi areal sawahnya.

"Sebagian besar area pertanian bahkan kebun pun sudah kering. Maka hari Ini kami gelar Salat Istisqa seabagai bagian dari ikhtiar kami meminta hujan kepada Allah SWT, " kata Dadi.

 

Koropak.co.id - Berharap Turun Hujan, Warga Tasikmalaya Gelar Salat Istisqa (1)

 

Baca : Tiga Hektare Hutan Perhutani Di Pamarican Ciamis Terbakar

Menurutnya, di Puspahiang ini, ada sekitar 1.763 Kepala Keluarga (KK) atau 7.052 Jiwa yang terdampak kekeringan akibat kemarau. Saat ini, masyarakat juga memanfaatkan sumber air yang masih tersisa, itupun kondisinya sudah mulai surut karena terus diambil warga.

"Itu data dari pihak Kecamatan, sumber air yang ada juga semakin menyusut karena terus dimanfaatkan warga. Dari BPBD juga belum melakukan bantuan air bersih," ujarnya.

Kegiatan serupa, juga dilakukan warga Kampung Cibaeud Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Ratusan warga menggelar Salat Istisqa selepas melaksanakan Salat Jumat. *

 

Baca pula : Hektaran Kebun di Tasikmalaya Diserobot Kawanan Monyet

 


Berita Terkait