Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Gelar Suntik Rabies Gratis

Senin, 23 September 2019 18:27 D. Farhan Kamil Daerah

Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Gelar Suntik Rabies Gratis


Koropak.co.id - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPP) Kabupaten Tasikmalaya, menggelar vaksinasi rabies gratis di halaman Kantor DPP, Senin (23/9/2019). Vaksinasi diberikan untuk hewan penular rabies di antaranya anjing, kucing, musang dan monyet.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian khusus serta mengundang animo banyak warga, khususnya pecinta hewan-hewan peliharaan dari wilayah Kecamatan Singaparna, untuk memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya.

Kepada Koropak, Kepala DPP Kabupaten Tasikmalaya Heri Sogiri mengatakan, pemberian vaksin rabies ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia yang jatuh setiap 28 September. Tujuannya untuk mengantisipasi penularan rabies dari hewan ke hewan lainnya atau dari hewan ke manusia.

 

Koropak.co.id - Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Gelar Suntik Rabies Gratis (2)

 

Baca : Gubernur Jawa Barat Divaksin Difteri

 

Dikatakan Heri, meskipun sejauh ini belum ada kasus manusia yang terpapar penyakit rabies, tetapi vaksinasi terhadap hewan penular rabies seyogianya dilakukan secara rutin minimal setahun sekali.

"Hal itu dikarenakan virus rabies sangat mematikan jika menjangkiti manusia. Oleh sebab itu, kita senantiasa berupaya mengantisipasi dan menekan angka penularan rabies terutama kepada manusia," kata Heri.

Ditambahkan Heri, penularan rabies bisa melalui gigitan dan air liur hewan yang terjangkit rabies. Jika ada masyarakat yang digigit hewan rabies bisa dilakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat dan sifatnya gratis.

"Jika ada yang digigit oleh hewan yang memiliki penyakit rabies, segera datangi Puskesmas tetdekat untuk divaksin, dan itu gratis tidak dipungut biaya," ucapnya.*

 

Baca pula : Berikut Fobia yang Tidak Wajar

 


Berita Terkait