Permudah Pemantauan Bansos, Menteri Sosial Launching Aplikasi E-PKH

Senin, 23 September 2019 19:21 Sofie Herawati Nasional

Permudah Pemantauan Bansos, Menteri Sosial Launching Aplikasi E-PKH

 

Koropak.co.id - Guna memaksimalkan peranan koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) dalam melaksanakan kewajibannya selama di lapangan, Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial Republik Indonesia menggelar Bimbingan dan Pemantapan Peningkatan Kapasitas SDM PKH.

Kegiatan yang digelar di Novotel Hotel, Mangga Dua Jakarta Pusat tersebut, berlangsung selama 3 hari, sejak 17-20 September 2019. Kegiatan turut dikemas dengan pembekalan team building sekaligus Launching Aplikasi E-PKH yang diikuti koordinator wilayah, serta koordinator kabupaten atau kota se-wilayah Jawa.

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan koordinator PKH merupakan salah satu bagian terpenting dalam pelaksanaan PKH agar dapat mengatur kegiatan yang dilaksanakan supaya berjalan dengan lancar dan mengacu kepada aturan serta kebijakan program PKH.

"Koordinator PKH dituntut harus mampu mengembangakan potensi seluruh SDM PKH di wilayah tugasnya sebagai rekan kerja yang baik. Oleh sebab itu melalui kegiatan Bimtap, Koordinator PKH diharap dapat menambah wawasan yang lebih serta menjadi leader yang baik sehingga akan memberikan pengaruh yang positif di lapangan dan ditanamkan kepada seluruh SDM di wilayah kerjanya masing-masing," katanya.

Menyoal aplikasi E-PKH, dikatakan Agus, dengan aplikasi E-PKH, seluruh pelaksana SDM PKH yang ada di seluruh Indonesia dapat mempermudah tugas koordinator di lapangan. Agus menjabarkan ada 7 keunggulan E-PKH, yakni proses validasi dilakukan secara paperless, mampu menghitung jenis bansos secara otomatis, serta mampu menginput hasil verifikasi secara cepat.

"Manfaat lainnya, pemutakhiran data dapat dilakukan secara realtime, memonitoring pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) secara berkelanjutan. Serta memantau perkembangan jumlah KPM PKH dari waktu ke waktu dan memantau jumlah KPM PKH yang graduasi serta data ART PKH yang mempunyai prestasi dari tingkat daerah sampai dengan tingkat nasional. Terakhir, memantau kinerja SDM PKH secara akurat," ujar Agus.

 

Koropak.co.id - Permudah Pemantauan Bansos, Menteri Sosial Launching Aplikasi E-PKH (1)

 

Baca : Pendamping PKH Kota Banjar Sosialisasi Perencanaan Usaha KPM

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI, M. O Royani berharap agar seluruh SDM PKH selalu berkomitmen dengan deadline pelaksanaan tugas yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial serta selalu mengacu kepada kualitas akhir yang maksimal.

"Oleh sebab itu, selama Bimtap berlangsung, para Koordinator PKH kami bekali informasi berkaitan dengan kegiatan penunjang kelancaran proses bisnis PKH. Koordinator PKH diingatkan kembali pengetahuan tentang dasar-dasar kebijakan PKH tahun 2019 serta proses terjadinya penambahan kepesertaan PKH yang dilaksanakan tahun 2019 dalam rangka penggenapan 10 juta KPM," katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi Senin (23/9/2019) Koordinator PKH Kota Banjar, Rahmat Dianto menuturkan Bimtap koordinator PKH yang telah dilaksanakan sangat memberikan manfaat serta motivasi bagi seluruh peserta yang hadir karena berkesempatan seluruh koordinator PKH mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai bagaimana seorang leader dalam menjalankan perannya.

"Dari kegiatan ini, kita juga dapat mengetahui sejauhmana progres PKH di setiap wilayah pelaksana PKH sebab di ajang ini antar koordinator PKH dapat saling bertukar informasi," ucap Rahmat.*

 

Baca pula : Di Kota Banjar, Graduasi KPM Tahun 2020 Ditargetkan 10 Persen