Pemkab Tasikmalaya Lakukan Inspeksi ke Setiap Puskesmas

Senin, 23 September 2019 21:32 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Lakukan Inspeksi ke Setiap Puskesmas


Koropak.co.id - Kasus pemberian obat kadaluarsa dari pihak Puskesmas Puspahiang, terhadap salah saeorang penderita penyakit jantung, Ny. Anah (50) warga Desa Deudeul Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat sepekan lalu, mendorong Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memperketat pengawasan pengelolaan obat-obatan.

Meskipun hasil pemeriksaan menyebutkan dalam kasus tersebut tidak ada unsur kesengajaan dari pihak Puskesmas, namun pemberian obat generik dengan merek Digoxin 0,25 mg yang masa kadaluarsanya sampai Agustus 2019, menjadi catatan buram bagi tenaga kefarmasian dan kini menjadi perhatian serius.

"Hari ini kita melaksanakan inspeksi mendadak ke Puskesmas Puspahiang untuk memantau seperti apa pengelolaan obat-obatan baik yang ke luar maupun yang masuk termasuk pengelolaan obat-obatan kadaluarsa dan layak konsumsi," tutur Asda 2 Pemkab Tasikmalaya, Heri Bimantoro kepada Koropak selepas pelaksanaan sidak bersama aparat kepolisian dari Polres Tasikmalaya dan Badan POM, Senin (23/9/2019).

 

Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Lakukan Inspeksi ke Setiap Puskesmas (2)

Baca : Geram! Inilah Hasil Sidak Bupati ke RSUD Ciamis

Selain mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam pemberian obat kepada pasien, Heri juga meminta agar lebih cermat dalam menyortir dan menempatkan obat-obatan tidak layak konsumsi.

"Dari hasil peninjauan, sejauh ini pihak Puskesmas sudah cukup baik dalam mengelola obat-obatan, terlihat dari tumpukan obat kadaluarsa yang tersimpan rapih di gudang limbah medis terpisah sebelum dimusnahkan. Kita menyimpulkan bahwa kasus kemarin itu diduga akibat obat yang kadaluarsa terselip di tumpukan obat yang layak konsumsi. Maka kita tegaskan ke depan untuk lebih berhati-hati," ujarnya.

Sementara itu, guna penyelidikan lebih lanjut, selain memeriksa petugas farmasi, dokter dan pihak UPTD serta gudang obat, petugas dari Polres Tasikmalaya dan BPOM mengamankan sejumlah obat kadaluarsa gudang limbah medis Puskesmas termasuk obat Digoxin dari rumah pasien.*

 

Baca pula : Tim Monev Sidak Sekolah dan Gorong-Gorong

 


Berita Terkait