Kalah Judi, Pemuda Nekat Gasak Perhiasan Emas Tetangga

Rabu, 25 September 2019 20:56 D. Farhan Kamil Daerah

Kalah Judi, Pemuda Nekat Gasak Perhiasan Emas Tetangga

 

Koropak.co.id - Kurang dari 1 x 24 jam, seorang pemuda berinisial MUT (36) alias MUM warga Desa Ciawi Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, berhasil dibekuk jajaran Satreskrim Polres Tasikmalaya di rumahnya, setelah petugas Kepolisian menerima laporan korban pencurian dan mengantongi keterangan sejumlah saksi.

MUT yang sehari-hari kuli di penggilingan padi (heuleur) terpaksa harus mendekam di balik jeruji Mako Polres Tasikmalaya, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya setelah berhasil mencuri perhiasan gelang emas seberat 12 gram milik Ny. Iyah (65) yang tinggal beberapa meter dari rumah pelaku.

"Dari keterangan korban kita langsung bergerak dan menangkap pelaku di rumahnya tanpa perlawanan," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, S.IK, Rabu (25/9/2019).

Dalam menjalankan aksi pencurian disertai kekerasan ini, sebelumnya pelaku ini menunggu di pos ronda. Ketika larut malam menjelang waktu Subuh, ia masuk ke rumah korban melalui ventilasi udara yang berukuran cukup besar.

"Saat itu korban dalam kondisi terlelap tidur. Sejurus kemudian pelaku yang sudah mengenakan penutup wajah langsung membungkam wajah korban memakai handuk. Dalam waktu yang cukup cepat, pelaku langsung mencopot gelang secara paksa dari tangan korban hingga patah," ujar Dony.

 

Koropak.co.id - Kalah Judi, Pemuda Nekad Gasak Perhiasan Emas Tetangga (3)

 

Beruntung, saat pelaku hendak meninggalkan lokasi, korban bangun dan berteriak maling hingga membangunkan para tetangga. "Pelaku langsung kabur ketika melihat tetangga korban keluar rumah. Ia terlebih dahulu melempar gelang hasil curiannya itu ke kolam yang berada tidak jauh dari rumah korban," tuturnya.

Dari mulut MUT, ia terpaksa mencuri karena terdesak hutang ke seseorang setelah ia kalah judi online. Ia juga menyebutkan telah lama mengincar gelang yang sering dipakai korban.

"Saya sering main poker di warnet dan pernah menang Rp 15 juta dengan modal Rp 300 ribu. Tapi akhirnya saya kalah dan berhutang," tutur ayah dari dua anak yang masih kecil ini.

Atas perbuatannya, MUT dijerat dengan pasal 365 ayat 1 KUH Pidana dengan ancaman 9 tahun penjara.*

 

Baca pula : Polisi Bongkar Bisnis Prostitusi Online di Tasikmalaya

 


Berita Terkait