Polres Tasikmalaya Tuntaskan Bedah Rumah Kakak Beradik Terimpit Ekonomi

Kamis, 26 September 2019 21:03 D. Farhan Kamil Daerah

Polres Tasikmalaya Tuntaskan Bedah Rumah Kakak Beradik Terimpit Ekonomi

 

Koropak.co.id - Sedih bercampur bahagia. pasangan suami istri Asep Sukaryo (57) alias Iyep dan Entin (48) warga Kampung Mongor Desa Margajaya Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya, tak mampu menahan air mata setelah mereka tahu, rumah berukuran 5x7 meter miliknya, kini berubah bentuk dan tampilan pasca mengalami renovasi yang dipelopori Polres Tasikmalaya, Kamis (26/9/2019).

Suasana serupa dialami Gugun (55) alias Ue, adik kandung Iyep yang menempati rumah sederhana berukuran 5x6 meter, persis dibelakang rumah Iyep.

Pasangan Iyep dan Entin yang sama-sama memilki keterbatasan kemampuan fisik ini, hidup di bawah himpitan ekonomi. Iyep tak bisa melihat sejak berada di bangku SMP dan Entin mengalami keterbatasan di bagian kaki pasca kecelakaan tabrak lari pada tahun 2005 lalu.

Mereka selama ini, tinggal di rumah reyot dan hidup dengan mengandalkan upah melipat kertas untuk dijadikan wadah makanan dengan penghasilan Rp. 3.500 hingga Rp 7.000 per hari. Selain itu mereka juga mengandalkan upah kerja anak gadisnya yang hanya mengandalkan ijazah SMP di pabrik konveksi, dengan penghasilan tak lebih dari Rp. 25 ribu per hari.

Demikian juga yang dialami Ue, ia yang mengalami kebutaan genetik sejak beranjak dewasa itu, tinggal menyendiri Setelah ditinggal istri pergi. Rumahnya yang tak layak huni kian menajamkan penderitaannya. Ia hanya mengandalkan sumbangsih saudara dan para tetangganya.

Selama bertahun-tahun, mereka tinggal di rumah semi permanen dengan kondisi sangat memprihatinkan. Selain atap bilik nyaris ambruk, dinding rumah berbahan kayu pun kian reyot akibat lapuk dimakan usia.

 

Polres Tasikmalaya Tuntaskan Bedah Rumah Kakak Beradik Terimpit Ekonomi

 

Namun kini, setelah hampir selama 20 hari dilakukan renovasi melalui program bedah rumah dalam peringatan HUT Satuan Lalu Lintas ke-22 Polres Tasikmalaya. kini kedua rumah yang semula tidak layak huni berubah menjadi rumah tinggal keluarga yang asri dan nyaman bagi sang penghuni.

Selain memakai atap baja ringan, penggunaan dinding berbahan GRC tebal, membuat bangunan rumah nampak kokoh dan mewah.

"Alhamdulilah hari ini kita bisa mempersembahkan hal terbaik sesuai kemampuan kepada Kang Iyep dan Kang Ue. Ini bagian dari bentuk kepedulian Polisi kepada sesama," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra didampingi Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP. Atik Siswanti dan sejumlah Perwira Polres Tasikmalaya, seusai memberikan kunci rumah Iyep dan Ue.

Menurutnya, rumah kedua kakak beradik ini diperbaiki berkat dukungan dari semua pihak termasuk donatur dan jajaran personel Kepolisian di lingkungan Polres Tasikmalaya yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu perbaikan dua rumah milik warga.

Meski hanya dua rumah yang diperbaiki, Dony berharap melalui program bedah rumah ini bisa ikut andil dalam program pemerintah daerah terkait mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya.*


Berita Terkait